Jokowi Curhat Pekerjaan Terberat selama 10 Tahun Jadi Presiden

Senin, 23 September 2024 - 19:33 WIB
Jokowi menekankan bahwa pembangunan smelter PT Freeport Indonesia tersebut merupakan usaha untuk menyongsong Indonesia menjadi negara industri maju yang mengolah sumber daya alamnya sendiri dan tidak mengeksporm

"Sekali lagi mentahan atau raw material dan ini akan membuka lapangan pekerjaan yang sangat besar. Tadi sudah disampaikan oleh pak dirut dan ini merupakan pelaksanaan dari gagasan yang sering kita sampaikan mengenai hirilisasi yang merupakan pondasi ekonomi baru Indonesia yang tidak bertumpu pada konsumsi domestik, karena GDP growth kita bertumpu pada konsumsi domestik. Tetapi kita ingin beralih gdp growth kita bertumpu pada produksi, produktivitas dari perusahaan-perusahaan baik BUMN maupun swasta," ungkapnya.

Selain itu, Kepala Negara juga mengatakan bahwa dari investasi Rp 56 triliun tersebut akan diolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga yang di bawa dari Papua menuju ke Gresik. Dan hasilnya, kata Jokowi, 900 ribu ton katodatembaga atau kurang lebih 50 ton emas dan 210 ton perak.

"Jumlah yang tidak kecil dan ini kalau melihat industrinya sebesar ini saya yakin ini akan melibatkan banyak UMKM usaha-usaha kecil baik berupa catering baik menjadi subkon untuk semua yang berkaitan dengan smelter di Gresik ini. Dan kita harapkan ini juga segera melahirkan perusahaan-perusahaan turunan, industri-industri turunan dari tembaga yang ada di sekitar PT Freeport Indonesia ini," tandasnya.
(akr)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More