BRICS Bakal Menerima Selusin Anggota Baru, Ada Indonesia?

Selasa, 01 Oktober 2024 - 08:30 WIB
Awal tahun ini, BRICS mulai melakukan perluasan dengan menyambut empat negara sebagai anggota baru yakni Iran, Mesir, Ethiopia, dan UEA. Sejauh ini setidaknya ada 34 negara yang sudah menyatakan minatnya untuk bergabung, seperti disampaikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada pertemuan senior BRICS awal September, lalu.

Selain itu negara-negara anggota BRICS secara bersama-sama juga sedang mengembangkan kerangka kerja pembayaran dan penyelesaian untuk perdagangan dalam kelompok tersebut, kata Putin pekan lalu. Hal ini akan memungkinkan anggota BRICS untuk "menciptakan kondisi pada layanan yang efektif dan independen dari semua perdagangan luar negeri," tambahnya.

Ekspansi BRICS harus "didorong," menurut juru bicara Dana Moneter Internasional (IMF), Julie Kozack. Ia juga menambahkan bahwa pertumbuhan BRICS dapat memberikan manfaat secara global.

Negara-negara BRICS saat ini terdiri dari sekitar 46% dari populasi dunia. Ekonomi negara-negara anggotanya menyumbang lebih dari 36% dari PDB global, serta lebih dari sepertiga PDB dunia berdasarkan paritas daya beli, menurut perkiraan oleh lembaga keuangan global.
(akr)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More