Dukung Startup di Tengah Fenomena Tech Winter lewat Kolaborasi Digital

Senin, 21 Oktober 2024 - 10:09 WIB
Sedangkan pendanaan tahap lanjutan (later stage) turun 85% menjadi USD52,2 juta. Selain itu, Indonesia belum mencatatkan unicorn baru pada 2024, dan hanya ada satu startup dengan valuasi di atas USD1 miliar.

Fenomena Tech Winter tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga terjadi di ekosistem startup di seluruh dunia. Investor kini semakin selektif dalam memilih startup untuk diinvestasikan, karena lebih menekankan pada profitabilitas dan cashflow yang berkelanjutan.

Selain menyediakan pendanaan melalui MUIP Garuda Fund, lanjut dia, Danamon juga mendukung kebutuhan transaksi digital para pengusaha startup dengan menghadirkan berbagai produk unggulan, seperti QR Danamon dan Direct Debit Danamon.

Produk ini menawarkan kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan yang aman dan efisien. QR Danamon terdiri atas dua tipe, yaitu QR Static dan QR Dynamic. QR Static memungkinkan nasabah melakukan transaksi secara manual.

Sementara QR Dynamic diintegrasikan dengan platform digital dan point of sale (POS) melalui API (application programming interface). QR Dynamic akan menampilkan nominal transaksi secara otomatis, sehingga memberikan kenyamanan lebih bagi pengguna.

Proses aktivasi QR Danamon juga cukup cepat. Untuk QR Static, prosesnya hanya memakan waktu 3 hari, sedangkan QR Dynamic membutuhkan waktu hingga 3 bulan karena memerlukan integrasi sistem yang lebih kompleks. Pengusaha startup dapat mengecek status pembayaran dan melakukan settlement secara real-time melalui API atau aplikasi QR Danamon khusus pengguna Android.

Transaksi ini diproses dengan cepat, karena dalam 1 hari kerja, dana yang sudah dilakukan settlement akan langsung masuk ke rekening Danamon pengusaha. Direct Debit Danamon merupakan solusi pembayaran online yang telah terintegrasi dengan API BI SNAP, yang digunakan untuk transaksi e-commerce dan P2P.

Nasabah yang menggunakan direct debit dapat melakukan pembayaran hingga limit Rp1 juta per pengguna untuk transaksi e-commerce dan Rp2 juta per pengguna untuk P2P. Verifikasi keamanan transaksi dilakukan dengan 2-factor authentication menggunakan OTP, untuk memastikan transaksi berjalan dengan aman dan lancar.

Pengusaha startup juga dapat memanfaatkan fitur recurring payment untuk pembayaran rutin seperti cicilan dan asuransi, yang memberikan fleksibilitas lebih dalam mengelola keuangan. Hasilnya per Agustus 2024, Danamon telah mencatat pertumbuhan positif pada transaksi QR Danamon dan Direct Debit Danamon.

Bahkan, QR Danamon menunjukkan peningkatan signifikan, yaitu sebesar lebih dari seribu persen YoY, yang cukup menunjukkan kesuksesan integrasi produk digital ini di kalangan nasabah.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More