Jelang Vaksinasi di 2021, Wapres Tekankan Pentingnya Simulasi dan Kesiapan Data

Jum'at, 20 November 2020 - 08:02 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin. Foto/Dok SINDOphoto/Eko Purwanto
JAKARTA - Pemerintah akan segera melakukan vaksinasi Covid-19 kepada seluruh masyarakat Indonesia. Rencanannya, vaksinasi akan dilakukan selambat-lambatnya pada tahun 2021 mendatang.

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan, simulasi sangat penting untuk memastikan kesuksesan dari vaksin Covid-19. Sebab, langkah ini dilakukan sebagai upaya agar proses vaksinasi Covid-19 kepada seluruh penduduk Indonesia dapat berjalan dengan lancar.

"Jadi ada beberapa persiapan yang harus disiapkan, supaya nanti vaksinasinya itu berjalan dengan baik,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat (20/11/2020).

( )

Menurut Ma’ruf simulasi meliputi beberapa aspek. Dari mulai simulasi untuk pendataan hingga sampai ke tahap pendistribusian harus dipersiapkan dengan matang.



“Termasuk menyiapkan data-data, nama-nama yang akan divaksin di seluruh Indonesia, kemudian juga tahapan-tahapannya, kemudian juga bagaimana nanti pendistribusian vaksinnya," ucapnya.

( )

Lebih jauh, Wapres menjelaskan bahwa selain simulasi vaksinasi di berbagai daerah, pemerintah juga menyediakan pelatihan-pelatihan untuk semua petugas vaksin. "Bahkan juga sudah direncanakan bagaimana limbah vaksin yang banyak itu harus ditangani," kata Ma’ruf.
(ind)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More