Ini Potensi Ekonomi Syariah dalam Upaya Pemulihan Dampak Pandemi

Jum'at, 27 November 2020 - 15:32 WIB
Royazani Sjachril selaku Wakil Sekjen Bidang Perbankan Syariah Real Estate Indonesia (REI) juga menambahkan bahwa banyak anggota dari (REI) yang beralih kepada skema syariah. Baik itu dengan perbankan syariah maupun secara mandiri tanpa perbankan.

Beberapa hal yang perlu disesuaikan untuk bertahan di masa new normal ini adalah management perusahaan yang bekerja lebih efektif dan efisien, menunda kontrak baru untuk menjaga cash flow, kemampuan pemasaran secara online atau digital juga harus dimanfaatkan agar bisa bertahan dimasa new normal, kemudian pemberian promosi diskon dan kemudahan lainnya yang menarik untuk para calon pembeli properti.

Di dalam property syariah terdapat 3 akad yang sering digunakan yaitu 3 skema. "Pertama adalah murabahah yaitu jual beli secara langsung dimana ada perjanjian jual beli antara bank dan juga nasabah. Kedua adalah musyarakah terdapat bagi hasil di mana dua investor yang mengembangkan perumahannya kemudian dijual kepada masyarakat. Terakhir ada sistem mudharabah dimana pemilik modal memberikan modalnya untuk mengembangkan modal tersebut," Ungkapnya. Harapannya formulasi skema syariah ini dapat mendorong geliat sektor perumahan.
(atk)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More