Dibayarin APBN, Jembatan Gantung Situ Gunung Terpanjang di Asia Tenggara

Sabtu, 05 Desember 2020 - 16:13 WIB
Jembatan Gantung Situ Gunung di Sukabumi, merupakan hasil kerja sama pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) pihak Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dengan pihak ketiga yang dibiayai dari APBN. Foto/Dok
JAKARTA - Jembatan Gantung Situ Gunung di Sukabumi, Jawa Barat, merupakan jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara, yaitu sepanjang 243 meter dengan ketinggian 107 meter di atas sungai. Kepala Biro Komunikasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rahayu Puspasari mengatakan, jembatan yang dibiayai dari APBN ini, diresmikan tahun 2019 lalu.

(Baca Juga: Bayar Pajak Kewajiban Konstitusi Warga, Sri Mulyani: Sehatkan Keuangan Negara )

Jembatan ini merupakan hasil kerja sama pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) pihak Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dengan pihak ketiga yang dibangun dengan mekanisme Bangun Guna Serah (BGS).

"Artinya, jembatan ini dibangun oleh pihak ketiga, digunakan terlebih dahulu oleh pihak ketiga dalam kurun waktu yang ditentukan, baru kemudian diserahkan kepada pihak TNGGP," kata Rahayu dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (5/12/2020).

(Baca Juga: Sri Mulyani Buka-bukaan Rincian Belanja Negara 2021, Fokus pada 3 Hal Ini )



Selain berfungsi untuk menghubungkan antar wilayah, jembatan ini juga berfungsi untuk menikmati wisata pemandangan alam yang indah dan sejuk khas pegunungan.

"Perlu diingat agar selalu diterapkan dalam berwisata yang aman dan nyaman untuk menjalankan protokol kesehatan 3 M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan," katanya.
(akr)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More