Pengembangan Hilirisasi Bauksit, Antam Fokus Bangun Pabrik SGAR di Kalbar

Selasa, 16 Maret 2021 - 10:59 WIB
PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) fokus dalam pembangunan pabrik Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Mempawah, Kalimantan Barat sebagai bentuk pengembangan hilirisasi komoditas. Foto/Dok
JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) terus mengerjakan beberapa proyek pengembangan usaha. Adapun di antaranya adalah pengembangan hilirisasi komoditas yang dilakukan Perseroan.



Sekretaris Perusahaan Antam, Kunto Hendrapawoko menjelaskan, dalam pengembangan hilirisasi komoditas bauksit, saat ini Perseroan terus berfokus dalam pembangunan pabrik Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Mempawah, Kalimantan Barat

"(Pabrik SGAR) dikembangkan bersama PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) yang memiliki kapasitas pengolahan sebesar 1 juta ton SGAR per tahun (untuk tahap satu)," ujar Kunto dikutip dari keterbukaan informasi BEI, Selasa (16/3/2021).

Dia menambahkan, Antam memiliki pengalaman lebih dari lima dekade dalam mendukung pengembangan hilirisasi mineral di Indonesia, khususnya pada komoditas nikel, emas dan bauksit melalui operasi pertambangan yang terintegrasi.



"Hingga tahun 2020 tercatat posisi sumber daya bijih nikel dan bauksit konsolidasian Antam masing-masing mencapai sebesar 1,44 miliar wmt bijih nikel dan 586 juta wmt bijih bauksit," kata dia.



Kunto menyebut, potensi sumber daya mineral tersebut menjadi salah satu kekuatan dalam pengembangan skala bisnis Perusahaan melalui hilirisasi mineral strategis guna menciptakan nilai tambah produk mineral serta meningkatkan kontribusi yang positif kepada negara dan masyarakat.

Selain itu, saat ini perusahaan plat merah ini juga tengah menyelesaikan tahap konstruksi proyek pembangunan pabrik feronikel di Halmahera Timur, Maluku Utara yang memiliki kapasitas terpasang sebesar 13.500 TNi per tahun.
(akr)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More