Mau Koleksi Emas? Kenali Dulu Ciri yang Asli dan yang Palsu

Kamis, 13 Mei 2021 - 08:00 WIB
Emas batangan. Foto/Dok. SINDOnews
JAKARTA - Emas sampai saat ini masih menjadi salah satu aset yang paling berharga. Karena sifatnya yang berharga tersebut, tidak sedikit orang yang mengoleksi logam mulia ini sebagai investasi, atau bahkan hadiah dan mahar untuk pernikahan.

Kendati demikian, perlu diakui bahwa kerap ada rasa khawatir di benak masyarakat terhadap keaslian emas yang dibelinya. Apalagi bagi mereka yang masih pemula, keaslian logam mulia yang diperolehnya bisa menjadi tanda tanya.



Namun tak perlu khawatir, karena sejatinya logam mulia satu ini bisa diteliti sendiri keasliannya. Dikutip dari Logamulia, berikut cara mengecek keaslian dari emas:

1. Perhatikan dengan baik bagian fisik dari emas tersebut.



Perbedaan antara emas asli dan emas palsu bisa dilihat dari fisiknya. Anda bisa lihat tanda–tanda khusus yang biasanya ada di emas murni atau emas batangan. Misalnya saja ada cap yang menandakan kadar emas tersebut. Umumnya menggunakan satuan fineness, tetapi lazimnya dikenal dengan menggunakan satuan karat dalam angka mulai dari 10K, 18K, dan 24K.

2. Jika digosok apa warnanya berubah?

Silakan Anda coba pegang dengan baik emas yang Anda beli tersebut, kemudian coba gosok permukaan emasnya menggunakan telapak tangan atau telunjuk Anda. Jika setelah digosok warnanya jadi pudar dan tidak seragam, bisa dipastikan itu adalah emas palsu, begitu pun sebaliknya.

3. Coba digigit!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More