Pandemi Covid-19 jadi Momentum Mendefinisikan Ulang Program CSR

Jum'at, 16 Juli 2021 - 08:52 WIB
Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Pandemi Covid-19 menjadi pukulan telak bagi perekonomian dan dunia. Tak ayal banyak bisnis terancam gulung tikar pada situasi seperti saat ini. Hal tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR).

“Kondisi ini membuat sebagian perusahaan malah sengaja mengambil untung dari terjadinya pandemi. Bisnis seperti ini tentunya mengabaikan etika. Selain itu, ada juga sebagian (perusahaan) yang karena bisnisnya terganggu menjadi alasan untuk mengurangi komitmennya terhadap pelaksanaan program CSR,” ujar Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Sigit Reliantoro, saat menjadi Keynote Speaker dalam acara penghargaan Indonesia Corporate Social Responsibility Awards (ICSRA) 2021: New Normal Sustainability, dikutip Kamis (15/7/2021).



Meski demikian, tak sedikit juga perusahaan yang justru terdorong untuk tampil sebagai pelopor untuk meredefinisikan program CSR-nya untuk dapat membantu masyarakat dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19 yang sedang terjadi.

“Ini adalah respon positif yang sesuai dengan hasil sebuah studi di tahun 2020, di mana perusahaan yang memiliki visi jauh ke depan justru akan memanfaatkan kondisi krisis akibat pandemi ini untuk menciptakan program CSR yang inovatif dan otentik, untuk menjalin relasi yang kuat dengan konsumen dan publik,” tuturnya.



Menurut Sigit, dengan program yang lebih inovatif, otentik dan membawa manfaat terhadap masyarakat luas maka konsumen akan turut bangga dan malah dengan senang hati ikut terlibat dalam program CSR tersebut.

Misalnya saja turut berdonasi ketika merek yang mereka sukai ikut membantu masyarakat, peduli terhadap karyawannya, dan membuat gerakan sosial untuk membantu masyarakat mengatasi krisis ini.

“Ikatan relasi antara perusahaan dan konsumen yang terbentuk saat krisis akan jauh lebih berarti dan bertahan lebih lama dibanding ikatan yang terbentuk saat kondisi normal,” ungkapnya.



Dengan kondisi yang demikian, lanjut Sigit, maka pertanyaan yang relevan saat ini bukan lagi perlu atau tidaknya menjalankan program CSR di tengah pandemi melainkan bagaimana kemudian perusahaan mampu membuat program CSR yang tidak hanya memberikan keuntungan bagi perusahaan, namun juga mampu menjaga keselarasan sosial dan lingkungan bagi perusahaan dan juga konsumen.

“Dapat dibayangkan perusahaan yang mampu bertahan di tengah goncangan pandemi ini akan dapat berkembang semakin maksimal pasca pandemi karena dilandasi dengan fondasi bisnis yang kokoh dengan ikatan relasi yang jauh lebih kuat dengan dengan konsumen dan publik,” bebernya.

Sigit menambahkan, slogan dan pencitraan tidak akan lolos dari pengamatan publik yang kini makin kritis. "Aksi nyata di tengah pandemi berupa program-program CSR yang dapat dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat lah yang bakal menjadi branding nyata dan kuat bagi sebuah perusahaan,” tandasnya.
(ind)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More