Subsidi Gaji Rp1 Juta Sudah Cair, Ini Kriteria Penerimanya

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 13:44 WIB
Ilustrasi uang subsidi gaji. FOTO/Yorri Farli
JAKARTA - Kementerian Ketenagakerja (Kemnaker) menjelaskan terkait kriteria penerima bantuan subsidi upah atau BLT subsidi gaji bagi pekerja. Penerima mendapatkan bantuan untuk dua bulan sekaligus, yakni Rp1 juta.

Adapun anggaran tersebut dicairkan melalui rekening Ditjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI Jamsostek) Kementerian Ketenagakerjaan kemudian disalurkan kepada penerima manfaat melalui Bank Himbara di antaranya, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BTN dan Bank BNI. Sementara, untuk pekerja di Aceh disalurkan melalui Bank Syariah Indonesia (BSI).



Apakah Anda masuk dalam kategori calon penerima Bantuan Subsidi Upah ? Berikut kriteria dan syarat penerima BLT subsidi gaji sesuai dengan Permenaker RI No 16 Tahun 2021:

1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan.



2. Terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan s.d 30 Juni 2021.

4. Mempunyai gaji/upah paling banyak sebesar Rp3,5 juta per bulan. Dalam hal pekerja/buruh bekerja di wilayah dengan UMP/UMK lebih besar dari Rp 3,5 juta, maka persyaratan gaji/upah menjadi paling banyak sebesar UMP/UMK dengan pembulatan ratusan ribu ke atas, sesuai dengan upah terakhir yang dilaporkan Pemberi Kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan dan tercatat di BPJS Ketenagakerjaan.

5. Pekerja / Buruh penerima upah

6. Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan 4 (28 Provinsi dan 167 Kab/Kota) sesuai Inmendagri 22/2021 dan 23/2021.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More