Petani Milenial Gobleg Bali Padukan Organik dan Smart Farming

Minggu, 19 September 2021 - 07:30 WIB
Dedi meyakini apabila semakin banyak milenial dan PMK Goblek maka pertanian Indonesia akan melambung, petani sejahtera dan menembus ekspor. Pasalnya, P4S PMK memadukan pertanian organik dan smart farming menjadi sistem pertanian terpadu.

(Baca juga:Petani Milenial Bantaeng Dilatih untuk Tingkatkan Pertanian Kopi)

“Tentu ini capaian luar biasa. Kombinasi antara kualitas dan harga tinggi pada pertanian organik dengan efisiensi yang dihasilkan melalui smart farming,” kata Dedi.

Kendati begitu, dia mengajak PMK Goblek memikirkan hilirisasi. Misalnya, produk organik berupa dry fruits maka kadar airnya dihilangkan agar lebih awet tanpa mengurangi rasa dan kandungan nutrisi dan rasa.

Terlebih dalam pemupukan, PMK Goblek menggabungkan dengan irigasi sehingga keuntungannya berlipat ganda lantaran peningkatan produktivitas dengan kualitas tinggi dan lebih sehat, akan lebih mudah dipasarkan di Bali sebagai destinasi wisata utama Indonesia.

“Bali ini dikenal mancanegara, bahkan lebih dikenal dari Indonesia-nya sendiri. Artinya, Bali tidak perlu promosi jauh-jauh, tinggal memanfaatkan para turis yang datang. Mereka nantinya bisa membawa produk-produk kita ke negaranya,” kata Dedi.
(dar)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More