Taiwan Tangkis Tekanan China ke Lithuania, Investasi Rp2,86 Triliun Disiapkan

Kamis, 20 Januari 2022 - 09:50 WIB
Beijing memang memiliki sejarah kerap memberlakukan sanksi perdagangan tidak resmi pada negara-negara yang memiliki perselisihan dengan mereka. Saat ini China juga telah memboikot sekitar selusin produk asal Australia, termasuk daging sapi, anggur dan barley.



Kantor Taiwan di Lithuania tidak sama dengan hubungan diplomatik resmi, tetapi dapat dilihat sebagai tanda meningkatnya hubungan di antara mereka. Ditambah hal itu menjadi pos diplomatik baru pertama di Pulau itu dan Eropa selama 18 tahun. Taiwan memiliki beberapa sekutu yang memiliki hubungan formal, karena tekanan China.

Lithuania membela haknya untuk memiliki hubungan dengan Taiwan, tetapi mengatakan pihaknya menghormati kebijakan "Satu China". Kebijakan Satu China adalah pengakuan diplomatik atas posisi China bahwa hanya ada satu pemerintah China.

Sementara Taiwan adalah negara demokratis yang memerintah sendiri, dan Beijing melihatnya sebagai bagian dari wilayahnya. Pada tahun lalu, ia telah meningkatkan tekanan untuk mengisolasi pulau itu dari sekutu internasionalnya.
(akr)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More