Hyundai Engineering Kilang Balikpapan Bangun Infrastruktur Pembelajaran Berbasis Digital

Rabu, 13 April 2022 - 20:40 WIB
Digitalisasi pendidikan diperlukan untuk menyiapkan generasi emas bangsa untuk menciptakan SDM unggul. FOTO/Shutterstock
JAKARTA - Digitalisasi pendidikan diperlukan untuk menyiapkan generasi emas bangsa untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul. Namun sejumlah permasalahan infrastruktur masih nyaris terjadi dalam penerapan sistem pembelajaran online . Keterlibatan swasta pun diperlukan untuk mendukung harapan tersebut.

Guna mewujudkan harapan itu Hyundai Engineering Kilang Balikpapan melaksanakan program Hello E-Dream membangun kelas e-learning Balikpapan, Kalimantan Timur. Proyek digitalisasi pendidikan telah membuahkan hasil untuk pertama kali di Indonesia.

"Kami berencana untuk terus melaksanakan kegiatan sosial di negara yang telah kami masuki untuk dapat berkontribusi memecahkan masalah sosial dengan sungguh-sungguh," ujar Tim Manajemen Lapangan Kilang Balikpapan Hyundai Engineering Indonesia Yang Jong-su dikutip melalui pernyataan resmi, di Jakarta, Rabu (13/4/2022).



Pembangunan ruang kelas e-learning dilaksakan pada dua sekolah di Kecamatan Balikpapan Timur dan Balikpapan Utara. Hyundai Engineering menggandeng Pemkot Balikpapan dan Gugah Nurani Indonesia (GNI). GNI sendiri merupakan lembaga swadaya masyarakat global yang berfokus pada hak anak.



Selain pembangunan ruang kelas e-learning di dua sekolah tersebut, Hyundai Engineering juga membantu siswa dalam mendapatkan pembelajaran e-learning yang berkualitas. Untuk mewujudkan upaya ini, pihak Hyundai Engineering berkonsultasi dengan Dinas Dikbud Pemkot Balikpapan.

Sebagai informasi, proyek Hello E-Dream merupakan bagian dari kegiatan kontribusi sosial perusahaan, yakni program New Hope School. Di Balikpapan, dukungan diberikan dalam pembangunan infrastruktur kelas serta sistem e-learning yang praktis dan berkelanjutan.

Tujuan utama dari proyek Hello E-Dream adalah membantu memperbaiki pendidikan akibat krisis pandemi Covid-19. Proyek ini juga ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Balikpapan terhadap sistem e-learning.

Melalui program tersebut Hyundai Engineering melengkapi fasilitas dengan laptop, tablet, serta jaringan internet, sehingga tercipta infrastruktur pendidikan yang berkelanjutan, sistematis, dan terpusat. Adapun fasilitas tersebut ditujukan untuk 7.900 penduduk Balikpapan yang terdiri dari siswa, masyarakat, guru, dan orangtua.

Tak hanya itu, proyek Hello E-Dream juga menyediakan konten pendidikan e-learning sistematis yang disesuaikan dengan penduduk setempat. Selain itu, manajemen komite guru e-learning dan program pelatihan guru juga disiapkan.



Setelah dua kelas e-learning selesai, Hyundai Engineering berencana membangun kelas e-learning di tiga sekolah di Balikpapan dalam dua tahun ke depan, membangun pusat komunitas e-learning, serta mempromosikan program pendidikan dan pelatihan e-learning untuk guru. Proyek Hello E-Dream terebut akan menyediakan program pendidikan e-learning yang dibutuhkan siswa setempat dengan kerja sama antara Pemkot Balikpapan dan LSM yang berfokus terhadap pendidikan anak.
(nng)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More