BUMN Dituding Tak Dukung Formula E, Stafsus Erick Thohir: Indosat Dukung!

Jum'at, 03 Juni 2022 - 14:00 WIB
Kementerian BUMN menolak disebut tak mendukung Formula-E. Foto/Dok
JAKARTA - Kementerian BUMN menegaskan bahwa perusahaan pelat merah akan mendukung pelaksanaan Jakarta E-Prix 2022 atau Formula E di Jakarta. Pernyataan ini sekaligus membantah pemberitaan bahwa BUMN seolah-olah tidak mendukung ajang balap mobil listrik dunia tersebut.



Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, menyebut dukungan perseroan negara terlihat dari posisi PT Indosat Tbk atau Indosat Ooredoo Hutchison yang menjadi sponsorship Formula E di Jakarta. Pemerintah memang memiliki saham di Indosat. Arya menegaskan Kementerian BUMN menyesalkan adanya pernyataan-pernyataan negatif seakan BUMN tidak mendukung kegiatan Formula-E tersebut.

"Pernyataan itu tidak benar, karena tak ada kebijakan menghambat sponsorship bagi event yang dimaksud. Bahkan PT Indosat Tbk, dikenal sebagai Indosat Ooredoo Hutchison, yang sebagian sahamnya turut dimiliki BUMN, telah menjadi salah satu perusahaan yang mendukung acara tersebut," ungkap Arya kepada Wartawan, Jumat (3/6/2022).

Jakarta E-Prix 2022 menurut rencana akan diselenggarakan pada 4 Juni 2022 di Jakarta. Kementerian BUMN menerima informasi bahwa sebagian dari korporasi di bawah BUMN menerima proposal sponsorship dari panitia penyelenggara rata-rata sebulan sebelum even itu diselenggarakan.



Hanya saja, untuk mendukung kegiatan besar dan berskala internasional, BUMN memerlukan waktu untuk melakukan proses pengkajian sponsorship, termasuk juga melakukan pengkajian secara kelayakan bisnis dan model kerja sama agar memenuhi prinsip good corporate governance (GCG).

"Proses pengkajian ini bervariasi di antara BUMN sesuai dengan peraturan di tiap perusahaan. Pada umumnya BUMN menerima proposal event besar berskala nasional dan internasional paling cepat tiga bulan sebelumnya atau bahkan setahun sebelumnya," kata dia.

Dengan demikian, ada waktu yang cukup untuk melakukan kajian sebelum mengambil keputusan yang didasari oleh aspek bisnis dan kontribusi nilai sosial BUMN kepada masyarakat.



Kementerian BUMN, kata Arya, pada prinsipnya mendukung semua inisiatif untuk memajukan pembangunan bangsa, termasuk berbagai program industri pariwisata nasional. ini BUMN berkonsentrasi untuk mendukung perhelatan besar negara yaitu pertemuan G-20 di Bali, Oktober 2022 mendatang.
(uka)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More