3 Harta Karun Indonesia yang Diekspor ke Kanada

Senin, 13 Juni 2022 - 17:54 WIB
Kopi menjadi salah satu bentuk harta karun yang dimiliki Indonesia. Dalam hal ini, tak jarang negara-negara lain menjadikan barang tersebut sebagai incarannya. Termasuk salah satunya adalah Kanada.

Dikutip dari situs Kemlu RI, berdasarkan studi Coffee Business Intelligence tahun 2020, Kanada menempati posisi ke-10 sebagai negara dengan konsumsi kopi tertinggi per kapita di dunia. Rata-ratanya mencapai 7 kg per orang setiap tahunnya.

Menurut data Statistics Canada, pada 2021 total nilai impor kopi Kanada mencapai CA$1,78 Miliar. Dari angka tersebut, Indonesia masuk jajaran Top Ten eksportir kopi ke Kanada. Nilai impornya bahkan mencapai CA$34,5 Juta.

Baca Juga : Inilah Harta Karun Indonesia Paling Wangi di Dunia

3. Konveksi Tekstil

Barang andalan Indonesia lainnya yang diekspor ke Kanada adalah Pakaian dari Tekstil. Bersumber dari data BPS tentang Ekspor Pakaian Jadi (Konveksi) dari Tekstil menurut Negara Tujuan Utama tahun 2012-2020, Kanada masuk dalam jajarannya.

Pada tahun 2020, angka ekspor Pakaian Jadi dari Tekstil mencapai 5.100 ton. Jumlah tersebut mengalami penurunan apabila dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 6.400 ton.

Untuk angka tertingginya terjadi pada tahun 2018 yang menyentuh angka 6.900 ton.
(bim)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More