Tegang di Laut Hitam, Rusia dan NATO Saling Mata-matai

Selasa, 08 Juli 2014 - 09:30 WIB
Tegang di Laut Hitam, Rusia dan NATO Saling Mata-matai
Tegang di Laut Hitam, Rusia dan NATO Saling Mata-matai
A A A
MOSKOW - Kapal perang Rusia dan kapala perang NATO saling memantau saat kedua kubu saling beramanuver di Laut Hitam. Ketegangan di Laut Hitam meningkat sejak kapal perang Vella Gulf milik Amerika Serikat ikut bergabung dalam manuver NATO.

Seorang sumber diplomatik militer Rusia mengatakan, bahwa Angkatan Laut Rusia terus memantau manuver kapal-kapa perang Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Laut Hitam.

Sebagian besar komandan Angkatan Laut Rusia yang tergabung dalam Armada Laut Hitam Rusia telah memerintahkan militer Angkatan Laut Rusia melakukan manuver besar-besaran di wilayah Laut Hitam yang luas. (Baca: Kapal Perang AS Masuk Laut Hitam, Diledek Rusia)

“Armada Rusia telah diperintahkan untuk memantau semua gerakan dan kegiatan gugus tugas Angkatan Laut NATO,” tulis kantor berita Itar-Tass, mengutip sumber diplomatik itu, semalam (7/7/2014).

Tindakan yang sama juga dilakukan kubu NATO. Kapal mata-mata Prancis, Dupuy de Lome, terus melakukan pengawasan elektronik di dekat pantai Kaukasus Utara Rusia. Kapal mata-mata itu menggantikan tugas kapal siluman Prancis, Surcouf, yang sedang dalam misi serupa di dekat semenanjung Crimea.

Tidak hanya kapal Prancis yang memata-matai Rusia. Kapal pengintai Italia, Elttra, juga melakukan tugas serupa untuk misi NATO. Kapal Italia itu sudah beberapa hari mangkal di kawasan non-regional.

Dalam latihan perang besar-besaran di Laut Hitam, Rusia mengerahkan 20 kapal perang, lebih dari 20 pesawat dan helikopter, serta artileri dengan para marinirnya. Manuver Rusia diluncurkan sebagai tandingan manuver NATO yang sudah berlangsung sejak 4 Juli 2014 di Laut Hitam.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4013 seconds (0.1#10.140)