Banjir Suplai, Harga Gas Eropa Diprediksi Bakal Turun 30%

Rabu, 02 November 2022 - 14:12 WIB
Fatih Birol, direktur eksekutif Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan kepada CNBC bahwa hanya sejumlah kecil LNG baru yang akan memasuki pasar tahun depan. "Jika ekonomi China rebound, maka tahun depan impor LNG China juga akan meningkat bersama Eropa," ujarnya.

China adalah importir LNG terbesar dunia pada tahun 2021. Namun, karena kebijakan Covid-19 yang ketat, ekonomi China harus menghadapi sejumlah penguncian yang menghambat pertumbuhan. Setiap perubahan dalam pendekatan politik ini akan meningkatkan permintaan LNG dan mendorong harga untuk pembeli Eropa juga.

Selain itu, penyimpanan gas juga terbantu oleh pasokan Rusia yang coba dihentikan oleh Uni Eropa sendiri. Bahkan Perdana Menteri Luksemburg Xavier Bettel mengakui pada bulan Oktober bahwa tangki penyimpanan mereka penuh dengan gas Rusia.

CEO EDP Miguel Stilwell d'Andrade, menyimpulkannya bahwa industri saat ini berada di kondisi yang jauh lebih baik daripada beberapa bulan yang lalu. Akan tetapi, imbuh dia, diperkirakan ke depan masih akan banyak gejolak.
(fai)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More