Terungkap Misi Menko Luhut Sambangi Kenya hingga Zimbabwe

Kamis, 26 Januari 2023 - 14:37 WIB
loading...
Terungkap Misi Menko Luhut Sambangi Kenya hingga Zimbabwe
Terungkap bahwa Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan kemarin telah menuntaskan kunjungan kerjanya ke Kenya, Kongo dan Zimbabwe. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Terungkap bahwa Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan kemarin telah menuntaskan kunjungan kerjanya ke Kenya, Kongo dan Zimbabwe. Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Septian Hario Seto mengungkapkan, hal itu dalam acara BRI Microfinance Outlook 2023, hari ini.

"Semalam kita baru landing dari Afrika , kita dari Kenya, Kongo, Zimbabwe. Ya kita lagi mengeksplor pasar Indonesia untuk disana," ujar Septian dalam Keynote Speech BRI Microfinance Outlook 2023, Kamis (26/1/2023).



Menurut Septian, Kenya merupakan negara yang ekonominya cukup berkembang dan mereka juga memiliki East Africa Economic Community.

"Jadi pasar bebas di negara-negara Afrika Timur ini juga menjadi potensi untuk menjadikan Kenya sebagai hub ekspor kita ke Afrika ke depan," katanya.

Melalui akun Instagram resminya, Menko Luhut menceritakan perjalanan dinasnya ke Kenya. Menurut dia, hubungan baik antara Indonesia dan Kenya telah terjalin sejak 1955.

"Hubungan Kenya dan Indonesia diperkuat dengan dibukanya Kedutaan Besar Indonesia di Nairobi pada tahun 1982 dan Kedutaan Besar Kenya di Jakarta pada tahun 2022," kata Luhut.



Selain menyampaikan ucapan selamat dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada William Ruto yang terpilih sebagai Presiden Republik Kenya. Luhut mengaku juga membahas beberapa komitmen dan kesepakatan. Misalnya untuk lebih memperkuat hubungan bilateral dan ikatan kerja sama agar semakin menguntungkan kedua negara sahabat.

"Saya juga menjelaskan bahwa kekayaan sumber daya alam Indonesia yang begitu besar saat ini, telah dialokasikan secara efektif untuk memacu pembangunan berkelanjutan di berbagai sektor," terangnya Luhut.

"Mulai dari energi terbarukan, pertambangan, ekosistem kendaraan listrik, farmasi, industri pertahanan dan strategi, serta digitalisasi pelayanan publik dan operasional pelabuhan. Kami menyampaikan bahwa Indonesia siap berbagi pengalaman dan praktik terbaiknya dengan Kenya di semua sektor tersebut," beber Luhut.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)