Awas Kejahatan Perbankan Mengintai, Ikuti Tips Ini Agar Rekening Enggak Dibobol

Jum'at, 27 Januari 2023 - 15:10 WIB
loading...
Awas Kejahatan Perbankan Mengintai, Ikuti Tips Ini Agar Rekening Enggak Dibobol
Saat ini modus kejahatan perbankan senantiasa mengintai dengan memanfaatkan kelengahan konsumen dalam menjaga data pribadi. Ikuti tips ini agar, rekening aman dari pembobolan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Saat ini modus kejahatan perbankan senantiasa mengintai dengan memanfaatkan kelengahan konsumen dalam menjaga data pribadi . Menanggapi hal itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menghimbau nasabah agar tetap menjaga keamanan rekening dan terhindar dari pembobolan.



Agat rekeningmu tetap aman dan terhindar dari pembobolan, simak tips menjaga keamanan rekening dari OJK yang diposting lewat akun media resminya:

- Aktifkan fitur notifikasi SMS transaksi. Jadi, setiap transaksi di rekening baik dana masuk atau keluar, maka Bank akan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor telepon yang terdaftar di rekening tersebut.

- Cek histori rekening atau saldo secara berkala melalui aplikasi mobile banking atau internet banking Bank tersebut.

- Untuk menjaga keamanan data, amankan perangkat selular Anda dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah.



- Gunakan jaringan internet pribadi dan hindari menggunakan Wifi Publik atau Free Wifi untuk melakukan transaksi perbankan.

- Jaga data pribadi Anda. Jangan pernah memberitahukan User ID, password, kode OTP, PIN rekening, atau nama Ibu Kandung ke siapa pun, termasuk pihak Bank. Ubah password secara berkala.

- Berhati-hati saat menggunakan ATM. Pastikan tidak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain atau nomor telepon Bank yang tidak resmi di mesin ATM untuk menghindari terjadinya skimming.

Jika mengalami kesulitan dalam menggunakan mesin ATM, segera datang ke Bank. Mawas diri terhadap orang di sekitar ATM yang menawarkan bantuan sehingga berisiko bisa mengetahui password atau melakukan kloning kartu Anda.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2469 seconds (0.1#10.140)