Percepat Berantas Penyakit Mulut dan Kuku, Vaksin PMK Disebar Serentak di 29 Provinsi

Minggu, 29 Januari 2023 - 19:39 WIB
loading...
Percepat Berantas Penyakit Mulut dan Kuku, Vaksin PMK Disebar Serentak di 29 Provinsi
Penyuntikan vaksin PMK ke hewan ternak. Arsip foto/SINDOnews/Mushaful Imam
A A A
JAKARTA - Guna mempercepat Indonesia terbebas dari wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sekaligus melakukan pendataan akurat, Kementerian Pertanian (Kementan) menyelenggarakan Kick Off Pengendalian dan Penanggulangan PMK Nasional 2023.

Adapun kegiatannya meliputi vaksinasi, penyerahan bantuan vaksin, obat-obatan, disinfektan serta penandaan ternak yang dilakukan secara serentak dan massal di 29 provinsi.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, kick off pengendalian dan penanggulan PMK ini merupakan kegiatan yang harus dilakukan bersama untuk menguatkan kembali tekad dan kerja melanjutkan program penanggulangan wabah PMK di Indonesia.

Juga merupakan konsolidasi emosional guna menyatukan dinamika pelaksanaan vaksinasi PMK dan penandaan ternak yang dihadapi petugas lapang.

"Indonesia memiliki pengalaman keberhasilan memberantas PMK mencapai 99,9%. Kita mampu turunkan dalam waktu setahun, sementara negara lain membutuhkan waktu yang lama, puluhan tahun,” ujar Mentan dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (29/1/2023).



Dia menyebut Kick Off yang dilakukan merupakan bentuk bela negara, di mana pemerintah dan semua pihak harus siap menghadapi tantangan ke depan. “Kondisi saat ini, kita memiliki petugas-petugas yang sudah terlatih dan ketersediaan akses vaksin PMK," ungkapnya.

Dia menegaskan keberhasilan memberantas PMK itu menjadi modal besar untuk segera membebaskan Indonesia dari wabah PMK.

Sebagai gambaran kasus PMK mulai turun dari puncaknya pada bulan Juni 2022, sampai saat ini baik dari kasus kejadian sampai ternak yang mati akibat penyakit PMK terus menunjukan hal positif.

"Oleh karena itu, kita hadir pada hari ini, tidak semata sebagai acara seremonial belaka. Tidak hanya menjadi kegiatan rutinitas semata. Saya berharap adanya Kick Off kegiatan vaksinasi dan penandaan ternak ini agar kita tidak boleh berhenti memberantas wabah PMK hingga Indonesia benar-benar zero kasus," tandasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)