Sandiaga Uno Bantu Sarana Ruang Kreatif UMKM Kejar Target 4,4 Juta Lapangan Kerja

Senin, 30 Januari 2023 - 10:31 WIB
loading...
Sandiaga Uno Bantu Sarana Ruang Kreatif UMKM Kejar Target 4,4 Juta Lapangan Kerja
Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi HR Academy Indonesia, di Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (29/1/2023). FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berupaya meningkatkan kemampuan pelaku ekonomi kreatif melalui bantuan pemerintah (Banper) berupa sarana ruang kreatif HRA Komunitas. Bantuan itu diharapkan bisa memperluas jangkauan pasar sasaran melalui pemasaran digital.

Sejumlah fasilitas yang disalurkan antara lain laptop, kamera pengawas atau CCTV, pendingin ruangan, showcase panas, showcase dingin, printer, projector, hingga laser barcode. Selain itu, Sandiaga mengungkap relawan Batur Sandi Uno akan mengisi dengan banyak pelatihan serta pendampingan untuk pemasaran.

"Ada juga ruang podcast yang akan membantu pelaku UMKM untuk mencetak konten kreatif karena berdampak positif terhadap peningkatan omzet hampir 65 persen," kata Sandiaga di acara HR Academy Indonesia, Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (29/1/2023).



Sandiaga menegaskan pelaku UMKM harus melek digital. Lantaran, kata Sandiaga, 97 persen dari mereka akan menciptakan peluang usaha baru.

"Di tahun 2025 ekonomi mencapai Rp150 miliar, berarti itu sebuah angka yang sangat besar. Kita menginginkan bahwa UMKM melek digital dan pelatihan bukan hanya hari ini tapi terus bergulir. Targetnya 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024 karena 97 persen UMKM yang akan menciptakan," jelas Sandiaga.

Sementara itu, Ketua Batur Sandi Uno Jakarta Sri Wulandari mengatakan bantuan pemerintah melalui Kemenparekraf dapat menunjang kebutuhan konten bagi UMKM. Menurut dia, bantuan tersebut terbukti meningkatkan penjualan. "Bantuan pemerintah ruang kreatif di-support oleh Kemenparekraf sehingga lebih cepat geraknya sesuai arahan Pak Sandi gercep, gaspol, dan geber untuk dapat membuat podcast bagi produk UMKM lebih maju serta penjualan lebih meningkat," ujar Wulan.



Wulan menjelaskan Sandiaga adalah menteri yang tepat untuk maju di Pemilu 2024. Sebab banyak program yang dicetuskan Sandiaga dapat dirasakan oleh pelaku usaha untuk mendongkrak pendapatan. "Bang Sandi sangat pas menjadi presiden karena bantuannya diberikan, pelatihannya disupport, kemudian hadir ditengah pelaku UMKM," jelas Wulan.

Dalam kegiatan ini, para peserta pelatihan mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno dan Batur Sandi Uno. Lantaran telah mengakomodir ide-ide yang memiliki dampak bagi pelaku UMKM.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)