Kisah Penghobi Burung yang Menjadi Pengusaha Parrot Sukses Beromzet Ratusan Juta

Rabu, 01 Februari 2023 - 13:58 WIB
loading...
A A A


Ketika Sawan mengunggah kandang dan perlengkapan burung tersebut di grup-grup dan komunitas burung di Facebook dan media sosial lainnya, dirinya tak menyangka bahwa antusias para pencinta burung begitu luar biasa.

Kisah Penghobi Burung yang Menjadi Pengusaha Parrot Sukses Beromzet Ratusan Juta


Karena permintaan akan kandang tersebut meningkat, usaha yang dirintis oleh Sawan pun mulai meraih penghasilan, dan perlahan membesarkan melebarkan sayap usahanya ke berbagai perlengkapan burung lainnya. Seiring dengan mulai meraih pendapatan lewat penjualan kandang dan perlengkapan burung. Sawan pun menambah koleksi burungnya.

"Setelah punya dua, namanya hobi pasti 'keracunan' sama teman-teman komunitas lain, hingga akhirnya saya tambah lagi parrotnya yang warna abu-abu African Grey, harganya sekitar 12 juta," tutur Sawan.

Menurut Sawan, pemilihan African Grey karena karakteristiknya yang bisa berbicara dan menirukan berbagai suara, seperti burung Kakak Tua. Seiring dengan semakin serius dengan hobi dan usahanya dibidang burung Parrot, Sawan menambah jumlah burung, peralatan burung ,hingga makanan

"Ada dana lebih akhirnya saya beli burung lagi, terus saya puterin ke burung-burung parrot eksotik yang harganya lebih mahal. Karena saya sudah ada pemasukan dari hobi saya ini, jadi saya rela ngeluarin duit banyak, itung-itung hobi menghasilkan lah," tutur Sawan.

Seiring berjalannya waktu, usaha Sawan yakni jual beli burung dan perlengkapannya pun kian berkembang pesat. Bahkan, dari modal awalnya hanya Rp 500.000 kini memiliki omzet ratusan juta rupiah.

"Dulunya modal Rp 500 ribu kita puterin buat beli burung, dari Rp 500 ribu itu, mungkin sekarang omsetnya kurang lebih sampai Rp100 juta lah per bulan," lanjutnya.

Namun menurut Pria lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur, omset tersebut belum dipotong dengan biaya operasional, gaji karyawan dan sebagainya. Meski demikian, Sawan mengatakan, bahwa keuntungan bersihnya sekitar Rp50 juta per bulan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1966 seconds (0.1#10.140)