Kisah Penghobi Burung yang Menjadi Pengusaha Parrot Sukses Beromzet Ratusan Juta

Rabu, 01 Februari 2023 - 13:58 WIB
loading...
A A A
Untuk total koleksi burung parrotnya saat ini, Sawan memperkirakan ada sekitar 100 ekor yang terdiri dari berbagai jenis, dari mulai Sun Conure, African Grey, Macaw dan sebagainya. Untuk harga burung koleksi dan burung jualannya, dimulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Perihal harga burung parrot yang bisa terbilang cukup fantastis, Sawan mengatakan hal itu tergantung jenis dan warna burungnya.

"Jadi harganya dari mulai Rp 150 ribu sampai ratusan juta ada, bahkan jenis burung yang langka warnanya atau hybrid kawin silang gitu, harganya bisa tembus hingga Rp2 miliar. Ada juga yang enggak ada harganya, karena ada beberapa orang yang enggak mau lepas dengan harga berapapun," ujarnya.

Sejumlah koleksi burung yang didapat oleh Sawan, berasal dari rekan-rekannya di forum-forum Facebook dan media sosial lainnya. Menurut Sawan, komunitas burung sendiri sangat berarti, karena selain bisa mendapat teman satu hobi dan berbagi informasi, Sawan juga bisa mempromosikan dagangannya kepada rekan-rekan di komunitas.

Sementara itu, untuk para pemula yang ingin memiliki burung parrot, Sawan menyarankan untuk memilih jenis Sun Conure. Karena, selain mudah untuk jinak, daya tahan tubuhnya kuat dan perawatannya pun cukup mudah.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2605 seconds (0.1#10.140)