Pesan Sri Mulyani untuk Mahasiswa: Idealisme Membara, Perlu Diimbangi dengan Kompetensi

Kamis, 02 Februari 2023 - 14:08 WIB
loading...
Pesan Sri Mulyani untuk Mahasiswa: Idealisme Membara, Perlu Diimbangi dengan Kompetensi
Memberikan kuliah umum di STKIP PGRI Sumenep, Menkeu Sri Mulyani mengatakan, pajak yang anda bayarkan juga untuk membangun Madura. Foto/Dok
A A A
SUMENEP - Menteri Keuangan atau Menkeu, Sri Mulyani Indrawati menerangkan, peran Anggaran Pendapatan Belanja Negara ( APBN ) tidak hanya untuk pusat, tetapi juga mendorong pembangunan daerah. Hal ini disampaikan saat Menkeu memberikan kuliah umum di STKIP PGRI Sumenep.

"Kathiponapa kabhar epon Tretan Sumenep? Selama 2 tahun terakhir, pemerintah bersama @dpr_ri terus bekerja keras bersama agar APBN #UangKita dapat menjadi instrumen yang selalu diandalkan untuk meredam berbagai tekanan global," ujar Sri Mulyani melalui akun Instagram resminya @smindrawati, Kamis (2/2/2023).



Dia mengatakan, bahwa pemerintah meningkatkan kualitas belanja, mengutamakan pengembangan kapasitas SDM (Sumber Daya Alam), pembangunan infrastruktur, juga terus bereformasi agar Indonesia semakin maju. Tidak hanya di level pemerintah pusat, pemerintah daerah pun didorong untuk membangun daerah masing-masing.

"Hasil pajak yang anda bayarkan juga untuk membangun Madura melalui berbagai belanja kementerian di 4 kabupaten di Madura. Tahun 2021 Rp1,44 triliun, tahun 2022 Rp1,5 triliun, dan tahun 2023 teralokasikan sebesar Rp1,59 triliun," ucap Sri.

APBN sebut dia, juga hadir langsung kepada pemerintah daerah dalam bentuk Transfer ke Daerah (TKD). Tahun 2021 teralokasikan sebesar Rp6,57 triliun, tahun 2022 sebesar Rp7,04 triliun, dan tahun 2023 sebesar Rp6,89 triliun.



Lalu direalisasikan dalam beragam infrastruktur, mulai dari embung, irigasi, sumur, hingga pertanahan untuk memastikan ketahanan pangan.

"Saya juga menitipkan pesan kepada para mahasiswa yang hadir. Jika mahasiswa memahami cara membangun negara, dari mana uangnya berasal, bagaimana mengelolanya.. maka Indonesia akan semakin baik," ungkap Sri.

Dia berpesan kepada para mahasiswa untuk menjaga idealisme yang membara, namun perlu imbangi dengan kompetensi yang baik untuk menyelesaikan berbagai masalah.

"Masalah itu akan teratasi kalau kita berpikir dan berikhtiar..!" tutupnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2241 seconds (0.1#10.140)