Akselerasi Hilirisasi, Menko Airlangga Tinjau Kemajuan KEK JIIPE hingga Smelter Freeport

Kamis, 02 Februari 2023 - 16:41 WIB
loading...
A A A
KEK JIIPE Gresik saat ini juga telah memiliki 19 tenant serta telah merealisasikan investasi sebesar Rp33,2 triliun dan mampu menyerap tenaga kerja hingga sebanyak 14.000 orang. Sejumlah fasilitas dan infastruktur pendukung juga telah tersedia pada KEK tersebut dan beberapa pembangunan fasilitas lain seperti kantor pengelola, pipa air JIIPE – Sembayat,
proyek konstruksi ramp GI, proyek jembatan utilitas BKMS, serta proyek pembangunan ground water tank juga tengah digarap.

"Saat ini Kawasan Industri Berikat JIIPE telah berubah menjadi Kawasan Ekonomi Khusus Gresik, ini merupakan zona yang menunjukan bahwa kawasan dapat dibangun berbasis desain Kawasan," ujar Menko Airlangga.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Menteri Perindustrian, Wakil Menteri Perdagangan, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Sekretaris Kemenko Perekonomian, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan BUMN, Riset, dan Inovasi Kemenko Perekonomian, Staf Ahli Bidang Konektivitas, Pengembangan Jasa, dan Sumber Daya Alam, Staf Ahli Menteri Perindustrian

Menghadapi pusaran tantangan ketidakpastian kondisi perekonomian global, penguatan iklim investasi dan bisnis menjadi salah satu amunisi Pemerintah yang sekaligus untuk menjaga resiliensi ekonomi nasional. Penguatan tersebut juga terwujud pada pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang diproyeksikan mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan, hingga peningkatan daya saing dan nilai tambah.

(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)