Ketahui Cara Membeli Rumah dengan KPR Pribadi

Rabu, 15 Juli 2020 - 13:10 WIB
loading...
A A A
Begitu juga dengan ketentuan denda yang tidak diberlakukan dalam KPR pribadi. Apabila konsumen terlambat membayar, tidak akan dikenakan denda, tetapi dilakukan pendekatan secara persuasif dan musyawarah mufakat untuk menyelesaikannya.

Ketentuan sita yang biasanya dilakukan perbankan dan lembaga keuangan lainnya juga tidak berlaku pada pola pembelian KPR pribadi. Apabila terjadi kemacetan pembayaran, akan ditempuh dengan penyelesaian yang saling menguntungkan. Jika rumah yang dibeli konsumen terpaksa harus dijual, uang konsumen yang sudah masuk kepada penjual harus dikembalikan secara utuh.

Meski demikian, ada beberapa hal yang memberatkan calon konsumen untuk melakukan KPR pribadi. Di antaranya, uang muka yang diminta pihak penjual biasanya lebih besar daripada yang diminta perbankan atau lembaga keuangan lainnya, biasanya 30–40% dari harga jual.

Selanjutnya tenor atau masa angsuran. Biasanya tenor yang diberikan hanya berlaku hingga lima tahun atau 60 bulan. Sementara pihak perbankan atau lembaga keuangan lainnya bisa memberikan masa angsuran sampai 25 tahun. (Lihat videonya: Banjir Bandang di Kabupaten Luwu Hancurkan Akses Jalan Desa)

Demikian sekelumit tentang KPR pribadi. Pekan depan akan diuraikan tips-tips terhindar dari penipuan pembelian rumah dengan KPR pribadi.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0932 seconds (0.1#10.140)