Sandiaga Uno: Transaksi Business to Customer TRAVEX ATF 2023 Lampaui Target Tembus Rp8,12 Miliar

Selasa, 07 Februari 2023 - 16:58 WIB
loading...
Sandiaga Uno: Transaksi Business to Customer TRAVEX ATF 2023 Lampaui Target Tembus Rp8,12 Miliar
Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan transaksi business to customer ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 melampaui target. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan nilai transaksi business to customer (B2C) selama ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 mencapai Rp8,12 miliar melebihi target yang telah ditetapkan sebelumnya, yaitu Rp2 miliar-Rp3 miliar.

Business to customer (B2C) merupakan Pameran Pariwisata Indonesia, UMKM Ekonomi Kreatif dan Festival Kuliner yang diikuti lebih dari 160 pelaku UMKM, pemerintah daerah, dan industri pariwisata dari berbagai daerah Tanah Air yang telah berlangsung pada 2 hingga 5 Februari 2023.

Menparekraf Sandiaga saat The Weekly Brief With Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (6/2/2023) mengatakan antusiasme para seller dan buyer cukup tinggi, di mana produk-produk pariwisata dan ekonomi kreatif terbaik dihadirkan.

"Dan yang paling menggembirakan adalah B2C, ini jumlah transaksinya waw, dari yang tadinya kita target Rp2-3 miliar tembus pertengahan hari kemarin lebih dari Rp8,12 miliar, ini sangat besar buat UMKM," kata Menparekraf.



Sementara itu, untuk nilai transaksi business to business (B2B) bagi para pelaku usaha pariwisata antara negara ASEAN. Yang terdiri ASEAN NTOs, ASEAN Tourism Industries, Travel and Tourism Hospitality Industries, hotels & accommodation industries, TA/TO, serta pelaku MICE, telah tercatat nilai transaksi sekitar 55 - 60 juta dolar AS.

“Target kita nanti telah semua terbukukan sekitar 100 juta dolar AS, sepertinya akan tercapai. Dan kami sangat bersyukur bahwa ATF dan TRAVEX baik B2B dan B2C-nya sukses,” kata Menparekraf Sandiaga.

ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 juga telah menghasilkan kesepakatan kerja sama dengan Qatar Airlines, yakni melalui platform Qatar Airlines dapat mempromosikan destinasi-destinasi pariwisata, hingga event-event nusantara.

Qatar Airlines nantinya diharapkan juga bisa menambah rute penerbangan langsung ke Jakarta, Denpasar, dan ke destinasi lainnya seperti Yogyakarta, Surabaya, dan beberapa destinasi yang mereka minati seperti Kualanamu di Medan.

“Jadi ini yang kita harapkan dalam waktu beberapa bulan ke depan kita akan melakukan pemasaran bersama sehingga harapannya akan lebih banyak wisatawan mancanegara yang datang,” kata Menparekraf.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1605 seconds (0.1#10.140)