alexametrics

JK: Seharusnya Dana Talangan Lapindo Cair Bulan Ini

loading...
JK: Seharusnya Dana Talangan Lapindo Cair Bulan Ini
Wapres RI Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan, dana talangan untuk korban Lumpur Lapindo, Jawa Timur sebesar Rp827 miliar seharusnya cair bulan ini. Foto: Dok Sindophoto
A+ A-
JAKARTA - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan, dana talangan untuk korban Lumpur Lapindo, Jawa Timur sebesar Rp827 miliar seharusnya cair bulan ini. Ini dana talangan pemerintah untuk PT Minarak Lapindo Jaya yang tidak sanggup membayar kompensasi para korban.

"Ya begitulah (dana talangan Lapindo cair). Saya belum tahu pastinya, tapi memang begitu. Karena Juni sudah harus mudah-mudahan bisa semua," katanya di Kantor Wapres, Jakarta, Jumat (26/6/2015).

Sekadar mengingatkan, besaran dana yang dibayarkan pemerintah untuk kompensasi korban Lapindo ini sebesar Rp827 miliar, dengan rincian lewat APBNP 2015 sebesar Rp781 miliar dan sisanya Rp46 miliar lewat APBN 2015.



JK mengatakan, dana talangan ini sedianya harus sudah dikembalikan oleh Minarak Lapindo dalam jangka waktu empat tahun. Selain harus membayar dana talangan tersebut, Minarak Lapindo juga dibebani bunga yang dihitung berdasarkan besaran dana talangan tersebut.

"Lapindo kan dipinjamkan dengan bayar bunga. Bayarnya empat tahun untuk kepentingan rakyat, bukan kepentingan Lapindonya. Tapi dana talangan untuk Lapindo membayarkan dana talangan ke rakyat yang oleh negara ditalangi dulu dengan kewajiban Lapindo bayar empat tahun kemudian dengan bunga," imbuh dia.

Menurutnya, jika Minarak Lapindo tidak membayar utang dana talangan tersebut dalam jangka empat tahun, maka pemerintah bakal menjatuhkan sanksi. "Ya kalau tidak bayar (dijatuhi sanksi)," tandas JK.
(izz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak