Perkuat Layanan Digital Pertanahan, Kementerian ATR Kolaborasi Lintas Sektor

Jum'at, 10 Februari 2023 - 12:57 WIB
loading...
A A A
Saat ini Kementerian ATR/BPN telah mengimplementasikan empat layanan pertanahan digital, di antaranya Hak Tanggungan Elektronik (HT-El), pengecekan sertifikat, Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT), dan informasi Zona Nilai Tanah.

Dalam melakukan transformasi digital, Kementerian ATR/BPN juga membuka peluang kerja sama dengan perusahaan-perusahaan bidang financial technology (Fintech). Kerjasama dan kolaborasi lintas sektor antara pemerintah dan sektor swasta merupakan alternatif untuk menyelesaikan masalah keterbatasan sumber daya yang dimiliki oleh pemerintah.

Yaitu terbatasnya anggaran pemerintah dalam menyediakan pelayanan publik sementara tuntutan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik semakin lama semakin meningkat.



Product Manager GetSurvey, Azham Sobri Bafadal dalam pemaparannya menyampaikan untuk GetSurvey ini sendiri mempunyai tujuan menghubungkan Surveyor dengan Masyarakat. GetSurvey sudah mengembangkan beberapa fitur, layanan aplikasi yang paling sering dipakai oleh masyarakat adalah Get-pengukuran dan untuk sampai saat ini sudah membantu masyarakat adalah get-pengukuran IMB.

Get-Pendaftaran tanah pertama mempunyai alur proses jadi KJSB (Kantor Jasa Berlisensi) dan Surveyor harus melakukan registrasi terlebih dahulu, jika sudah terferivikasi ada nama KJSB, Logo KJSB, dan kode unik Kegunaan kode KJSB adalah KJSB tidak perlu lagi untuk memasukan satu persatu lagi surveyornya. Dari sisi surveyor bisa langsung klik gabung dan akan otomatis bergabung.

Surveyor yang sudah terverifikasi akan mendapatkan konfirmasi KJSB akan ada logo KJSBnya secara otomatis. KJSB bisa bersaing secara kompeten dan Getsurvey sudah bekerjasama dengan payment gateway. Kelebihan aplikasi GetSurvey sendiri sudah terintegrasi dengan On Time Password (OTP), jika log in, menarik saldo, tambah rekening, GetSurvey sendiri sudah amankan.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2254 seconds (0.1#10.140)