Di DPR Wamen BUMN Ungkap Akan Ada Berita Kurang Menyenangkan soal Waskita

Senin, 13 Februari 2023 - 14:48 WIB
loading...
Di DPR Wamen BUMN Ungkap Akan Ada Berita Kurang Menyenangkan soal Waskita
Wamen BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengungkap soal perkembangan restrukturisasi Waskita Karya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko mengatakan, keuangan Waskita Karya saat ini menjadi perhatian atau fokus perbaikan Kementerian BUMN . Informasi itu disampaikan Tiko kepada Komisi VI DPR RI saat rapat kerja.



"Mungkin Bapak Ibu melihat berita mengenai Waskita mungkin sebulan ke depan kurang menyenangkan, tapi kami sedang effort untuk bisa maksimal negosiasi," ungkap Tiko, Senin (13/2/2023).

Tiko menjelaskan, restrukturisasi lanjutan perlu dilakukan karen anggaran emiten bersandi saham WSKT itu sangat terbatas untuk mendanai sejumlah proyek. Selain itu, belum rampungnya beberapa proyek infrastruktur membuat pendapatan BUMN Karya itu tidak maksimal.

Proyek yang dimaksud adalah Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung, Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi, hingga Tol Becakayu.

"Satu, dua hari ini memang Waskita kita lakukan restrukturisasi ulang karena pendanaan mereka terbatas sekali. Beberapa tol masih belum selesai, seperti Kayu Agung - Palembang- Betung, kemudian Bogor - Ciawi - Sukabumi, kemudian Becakayu dan sebagainya," kata dia.

Di sisi bisnis baru perusahaan juga terbatas. Meski begitu, Kementerian BUMN memastikan perbaikan kinerja Waskita Karya melalui restrukturisasi akan berjalan maksimal ke depannya.

Dalam proses perbaikan keuangan emiten konstruksi pelat merah itu, pemegang saham juga meminta lembaga legislatif mendorong pemerintah agar memberikan penyertaan modal negara (PMN) tambahan kepada Waskita Karya. PMN tambahan diusulkan tahun ini.



"Tapi kami sedang effort untuk bisa maksimal negosiasi. Dan mungkin ada ruang untuk penambahan PMN di tahun ini, kami akan mengutamakan Waskita dan HK (Hutama Karya)," tutur dia.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)