BRICS Perdebatkan Ekspansi Saat Iran dan Arab Saudi Coba Cari Jalan Masuk

Kamis, 16 Februari 2023 - 12:27 WIB
loading...
A A A
"Mereka membutuhkan tujuan yang jelas, ketika datang untuk menangani masalah ekonomi, perdagangan, kesehatan, energi hijau dan keuangan," bebernya.

Negara-negara lain yang telah menyatakan minatnya untuk bergabung termasuk Argentina, Uni Emirat Arab, Aljazair, Mesir, Bahrain dan Indonesia, bersama dengan dua negara dari Afrika Timur dan satu dari Afrika Barat — yang tidak diidentifikasi oleh Sooklmal.

Dukungan Putin

Media Aljazair telah melaporkan minat negara-negara tersebut dan Argentina juga sudah menyatakan keinginan untuk bergabung dengan grup tersebut. Di Iran, kantor berita semi-resmi Fars melaporkan bahwa negara itu telah mengajukan keanggotaan BRICS, mengutip seorang pejabat kementerian luar negeri.

Sementara Presiden Rusia, Vladimir Putin tahun lalu mengatakan, dia mendukung potensi masuknya Arab Saudi.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Mao Ning mengatakan pada konferensi pers pada 10 Februari bahwa mereka mendukung ekspansi.

Tidak Semua Anggota BRICS Antusias

Sementara Brasil setuju dengan prinsip perluasan, negara itu masih mempertimbangkan posisinya dan waspada terhadap kelompok yang secara geografis condong ke Asia, kata dua sumber yang akrab dengan pemikiran negara Amerika Selatan namun meminta untuk tidak diidentifikasi.

Sedangkan India tidak ingin negara-negara yang bergabung atas rekomendasi anggota yang ada. Mereka justru menginginkan ada proses yang ditetapkan, sehingga negara-negara itu harus memenuhi kriteria tertentu untuk diterima, kata seseorang yang akrab dengan pemikiran negara Asia itu.

Hubungan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1919 seconds (0.1#10.140)