Genjot Produksi Tebu Demi Swasembada Gula, Begini Jurus Kementan

Selasa, 21 Februari 2023 - 12:41 WIB
loading...
A A A
Diketahui bahwa Provinsi Jawa Timur tercatat sebagai provinsi dengan produksi tebu dan gula tertinggi nasional. Peningkatan produksi ini bisa menjadi peluang bagi Indonesia untuk mewujudkan swasembada gula.

“Diharapkan para petani dapat saling berkolaborasi dengan pusat penelitian maupun pihak terkait demi menghasilkan kualitas benih tebu dengan kadar rendemen yang baik dan tentunya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hasil rendemennya akan baik apabila berasal dari benih yang memiliki kualitas baik didukung dengan bongkar ratoonnya terukur sesuai,” harapnya.

Menurutnya, Petani tebu rakyat bisa membuka usaha di bidang bahan baku pergulaan. Untuk itu perlu ditingkatkan koordinasi dan sinkronisasi serta pemanfaatan digitalisasi dalam pengembangan tebu, baik dari para petani dan pihak terkait lainnya.

“Tentu saja hasil yang diharapkan dengan adanya kebijakan peningkatan produksi gula nasional ini, salah satunya dapat membantu mengurangi ketergantungan gula impor sehingga ke depan dapat meminimalisir impor gula dan pemenuhan kebutuhan gula konsumsi nasional dalam mencapai swasembada gula nasional,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ardi menjelaskan, Selain itu dampak positif yang dirasakan, meningkatnya minat petani tebu dalam penyediaan bahan baku gula yang baik dan berkualitas serta meningkatnya kesejahteraan petani tebu.

“Manfaat lain dari kebijakan tersebut adalah meningkatnya daya saing industri gula berbasis tebu di Indonesia semakin baik dari sisi investasi, penyediaan bahan baku tebu serta kualitas gula yang dihasilkan,” ujarnya.

Salah satunya terbukti dari keberhasilan Petani tebu asal Jawa Tengah, yang mengapresiasi bantuan pemerintah khususnya Kementerian Pertanian, melalui program perluasan tebu dalam rangka mewujudkan swasembada gula. Kegiatan ekstensifikasi ini dirasa telah membuat ekonomi bergerak dimana banyak anggota masyarakat terutama tenaga tanam dan tebang diberdayakan sehingga menambah pendapatan petani.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)