Tuntaskan Proses IPO, Pertamina Geothermal Listing di Bursa Hari Ini

Jum'at, 24 Februari 2023 - 08:11 WIB
loading...
Tuntaskan Proses IPO, Pertamina Geothermal Listing di Bursa Hari Ini
Pertamina Geothermal akan mencatatkan perdana saham di BEI hari ini, Jumat (23/2/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) akan mencatatkan (listing) perdana sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini, Jumat (23/2/2023). PGEO akan menjadi perusahaan tercatat ke-19 di bursa pada 2023.

PGEO menggelar initial public offering (IPO) sebanyak 10,35 miliar saham atau 25% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Dalam aksi korporasi ini, PGEO memasang harga bookbuilding di rentang Rp820-Rp945 per saham dan yang ditawarkan kepada publik di Rp875 per saham.



Mengutip laman e-IPO, Pertamina Geothermal Energy menjalankan bidang usaha di bidang panas bumi dari sisi hulu dan hilir serta kegiatan usaha. PGEO merupakan afiliasi Pertamina, dalam hal kapasitas terpasang keseluruhan yang dioperasikan sendiri oleh perseroan dan oleh para Kontraktor KOB berdasarkan data dari Wood Mackenzie Asia Pacific Pte Limited (Wood Mackenzie).

Selain itu, PGEO memiliki rekam jejak yang baik dalam fokus usaha perseroan, yaitu pengembangan dan pengelolaan proyek-proyek PLTP di berbagai lokasi di Indonesia, yang masing-masing memiliki jumlah kapasitas terpasang yang bervariasi.

Per 30 Juni 2022, perseroan baik secara langsung maupun tidak langsung memiliki hak atas 13 kuasa pengusahaan panas bumi, dengan kapasitas terpasang keseluruhan sebesar 1.877MW, di mana sebesar 672 MW dioperasikan sendiri dan sebesar 1.205MW dioperasikan oleh para Kontraktor KOB.



PGEO memperoleh sebagian besar pendapatan dari (i) penjualan listrik secara langsung, dan tidak langsung ke PLN, yang merupakan perusahaan utilitas listrik milik negara Indonesia, dan (ii) penjualan uap ke IPP dan PLN.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2205 seconds (0.1#10.140)