Sucofindo-Chugai Technos Kolaborasi Optimalisasi NDT Scale Checker

Jum'at, 24 Februari 2023 - 20:10 WIB
loading...
Sucofindo-Chugai Technos Kolaborasi Optimalisasi NDT Scale Checker
Penandatangan MoU antara PT Sucofindo dan Chugai Technos Corporation di Bandung, Kamis (23/2/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Sucofindo bekerja sama dengan Chugai Technos Corporation untuk pengembangan layanan Non-Destructive Test (NDT), khususnya untuk jasa scale checker serta perluasan bidang kerja sama di sektor energi, lingkungan, dan infrastruktur.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Direktur Utama Sucofindo Mas Wigrantoro Roes Setiyadi dengan President and Representative Director Fukuma Satoshi di Bandung, Kamis (23/2) lalu.

Mas Wigrantoro mengatakan, layanan NDT scale checker mampu membantu dalam percepatan pengembangan sektor energi terbarukan, khususnya di bidang panas bumi. Hal ini sejalan dalam implementasi terhadap Peraturan Presiden (PP) No 112/2022 tentang Percepatan Pengembangan Energi Terbarukan untuk Penyediaan Tenaga Listrik.



"NDT scale checker juga mampu menjadi salah satu solusi bagi operator atau pemilik fasilitas operasi migas maupun panas bumi dalam membaca profil hambatan atau gangguan dalam jaringan pipa produksi, yaitu dengan melakukan pengecekan terhadap tebalnya endapan di dalam pipa tanpa menghentikan proses produksi atau membuka pipa," tutur Mas Wigrantoro melalui keterangan tertulis, Jumat (24/2/2023).

Mas Wigrantoro menambahkan, Sucofindo juga berkomitmen terus mendukung program pemerintah dalam rangka menjamin ketersediaan sumber energi melalui jasa-jasa lainnya, seperti bidang analisa laboratorium geothermal, geoscience, geokimia, geofisika, dan konsultansi lainnya, serta pengelolaan aset-aset industri energi terbarukan.

President and Representative Director Chugai Technos Fukuma Satoshi menyambut baik kerja sama ini. Sinergi Sucofindo-Chugai Technos menurutnya memiliki 3 fokus bidang kerja sama yaitu efisiensi dan optimalisasi chemical plant di Indonesia melalui uji NDT, menangani isu perubahan iklim di kedua negara melalui analisis kimia lingkungan, dan memastikan keamanan infrastruktur beton di Indonesia melalui survei struktur untuk bangunan.



"Kemitraan dengan Sucofindo kali ini juga bertepatan dengan perayaan ke-70 tahun Chugai Technos. Jadi ini juga merupakan salah satu dari perayaan utama ulang tahun kami," tuturnya.

Kepala Strategic Business Unit Aset Energi Baru dan Terbarukan Viktorianus Iva Taufik menegaskan siap membantu kebutuhan dan pengembangan bisnis Chugai Technos melalui layanan NDT advanced scale checker. Sucofindo, kata dia, juga memberikan dukungan dalam inspeksi pengujian analisis lingkungan. Dia menerangkan, Sucofindo telah dilengkapi laboratorium uji lingkungan dan SDM terakreditasi terkait layanan Lingkungan.

Selain fokus pada NDT advanced dan analisis lingkungan untuk layanan jasa di sektor energi terbarukan, bersama Chugai Technos, Sucofindo juga akan melakukan pengembangan jasa di bidang inspeksi struktur. "Kami menjaga komitmen dalam memenuhi kebutuhan pelanggan, khususnya Chugai Technos dan mengembangkan layanan bersama," pungkasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)