10 Tips Membeli Rumah untuk Pasangan Muda: Salah Beli Alamat Rugi

Sabtu, 25 Februari 2023 - 10:29 WIB
loading...
10 Tips Membeli Rumah untuk Pasangan Muda: Salah Beli Alamat Rugi
Tips membeli rumah untuk pasangan muda harus benar-benar dipahami. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Tips membeli rumah untuk pasangan muda harus benar-benar dipahami agar hunian impian bisa diwujudkan. Salah membeli rumah, bisa menciptakan kerugian besar.



Sebaiknya tidak membeli rumah hanya karena berdasarkan pertimbangan emosional, seperti mengikuti kenalan atau keluarga, suka dengan desainnya, atau terbujuk promo yang besar-besaran. Pertimbangkan juga berbagai aspek lainnya yang lebih penting, seperti harga atau lokasi.

Rumah tak hanya sekadar tempat tinggal, tapi juga sarana investasi untuk bisa meningkatkan karier hunian (housing carrer). Artinya, rumah yang dibeli bisa dijual kembali untuk mendapatkan hunian yang lebih baik, baik secara dimensi, desain, lokasi, dan juga status sosial.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut tips membeli rumah untuk pasangan muda.

1. Tentukan rumah bekas atau baru

Saat ingin membeli rumah pertama, biasanya pasangan muda dihadapkan pada pilihan membeli rumah baru atau rumah bekas. Kedua pilihan sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan spesifikasi yang sama, rumah bekas biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau.

Namun membeli rumah bekas harus dipikirkan juga biaya renovasi dan pemeliharaan. Hitunglah keseluruhan untuk membandingkan biaya, dan kemudian tentukan lebih untung membeli rumah baru atau bekas.

2. Ketahui riwayat kredit

Untuk pasangan muda yang ingin membeli rumah secara mencicil lewat kredit pemilikan rumah (KPR) upaya ini penting. Kredit macet atau masalah lain dengan bank bisa menghambat untuk mendapat persetujuan KPR. Untuk itu selesaikan terlebih dahulu semua utang bank, leasing, atau kartu kredit. Kecuali Anda memiliki penghasilan yang besar sehingga tidak berdampak saat mengajukan KPR.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5734 seconds (0.1#10.140)