Merpati Airlines Bukan Satu-satunya, 6 Maskapai Nasional Ini Bangkrut Lantaran Utang

Sabtu, 25 Februari 2023 - 16:55 WIB
loading...
Merpati Airlines Bukan Satu-satunya, 6 Maskapai Nasional Ini Bangkrut Lantaran Utang
Merpati Airlines bukan satu-satunya maskapai penerbangan yang bangkrut dan akhirnya dibubarkan. Ada juga maskapai penerbangan nasional lain yang lebih dulu pailit dan tak lagi beroperasi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) bukan satu-satunya maskapai penerbangan yang bangkrut dan akhirnya dibubarkan. Selain Merpati, ada juga maskapai penerbangan nasional lain yang lebih dulu pailit dan tak lagi beroperasi.



Pembubaran Merpati Airlines ditetapkan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya pada 2 Juni 2022 lalu. Hal ini lalu diperkuat oleh Peraturan Pemerintah (PP) nomor 8 tahun 2023 tentang pembubaran perusahaan perseroan (Persero) PT Merpati Nusantara Airlines.

Sebelum dibubarkan, Merpati Airlines sudah tidak beroperasi sejak 2014 dan sertifikat pengoperasian atau Air Operator Certificate (AOC) yang merupakan syarat utama maskapai untuk terbang telah dicabut pada 2015.



Berikut daftar 6 maskapai penerbangan yang bangkrut dan sudah dibubarkan:

- Batavia Air

Batavia Air mulai penerbangannya pada 5 Januari 2012 di bawah manajemen PT Metro Batavia. Namun, baru genap setahun, tepatnya 30 Januari 2013, maskapai swasta ini berhenti beroperasi lantaran bangkrut.

Pailitnya Batavia Air berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang disampaikan pada 30 Januari 2013 silam. Data yang dihimpun dari berbagai sumber, sebab utama perusahaan dinyatakan bangkrut lantaran memiliki utang bernilai jumbo.

Manajemen PT Metro Batavia mengaku tidak bisa membayar pinjaman pokok dan bunga utang dalam persidangan PN Jakarta Pusat. Saat itu, perusahaan membukukan utang senilai USD4,68 juta yang berasal dari sewa pesawat Airbus milik International Lease Finance Corporation (ILFC).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0928 seconds (0.1#10.140)