Siloam Group Salurkan 4.400 Test Kits dan PCR untuk 32 RSU Jakarta

Selasa, 28 April 2020 - 17:41 WIB
loading...
Siloam Group Salurkan 4.400 Test Kits dan PCR untuk 32 RSU Jakarta
Rumah Sakit Siloam. Foto/Dok.
A A A
JAKARTA - Siloam Group memberi penghargaan atas peran 32 Rumah Sakit Umum (RSU) DKI Jakarta dengan membagi 4.400 swabs, VTM, test kits, dan PCR primers dan reagen. Siloam merupakan jaringan rumah sakit anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR).

Wakil Direktur Utama Siloam Group, Caroline Riady menyatakan, kunci dari upaya melawan Covid-19 adalah testing dengan cepat, luas dan efektif.

"Dengan demikian bisa diambil keputusan tepat waktu untuk mengisolasi dan merawat pasien, serta dengan cepat melakukan contact tracing untuk menurunkan dan memutuskan rasio penularan," ujarnya di Jakarta, Selasa (28/4/2020).

Hal ini juga lebih menjamin keselamatan dan keamanan para dokter, perawat dan pekerja medis di rumah sakit dan fasilitas kesehatan. Siloam terus mengupayakan diri siap mendukung misi dan program pemerintah dalam usaha bersama melawan pandemi Covid-19.

Rumah sakit umum pemerintah berperan besar dan menghadapi tantangan berat di garda depan perperangan melawan pandemi Covid-19. Pihak swasta memiliki kesempatan berbagi dalam sumber daya dan pengetahuan berbeda sebagai wujud kerjasama di lapangan.

Peningkatan jumlah kasus Covid-19 setiap hari yang kian cepat sangat membutuhkan peran kunci dalam deteksi awal melalui testing yang cepat baik melalui 'antibody rapid test' maupun 'RT-PCR test'.

Deteksi dini ini memungkinkan pemberian perawatan tepat waktu, khusus pada titik awal serangan Covid-19, sebelum serangan dasyat terjadi terhadap paru-paru. Pada akhirnya deteksi dini dan tepat waktu akan meningkatkan angka kesembuhan dan mengurangi angka kematian.

"Kami menghargai inisiatif dan kerja sama dengan Kelompok Siloam sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan, terutama di masa krusial ini," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dr. Widyastuti, MKM.

Dinkes DKI Jakarta berharap dukungan Siloam Group dapat membantu mengendalikan penyebaran virus corona dengan dilakukannya tes kepada lebih banyak pihak khususnya terhadap kelompok ibu sedang hamil.

"Apabila ada tindakan medis yang diperlukan pasca tes, akan dapat segera dilakukan dan dengan demikian dapat memutus rantai penyebaran Covid-19," paparnya.

Direktur Siloam, dr. Grace Frelita menambahkan, untuk ikut berpartisipasi mendukung pemerintah menangani Covid-19, Siloam telah meningkatkan 30% dalam kapasitas jumlah tempat tidur (TT) dan sepenuhnya mengoperasikan tiga RS rujukan khusus Covid-19 yaitu RS Siloam Mampang (415 TT), RS Siloam Kelapa Dua (215 TT), dan RS Siloam Pal Dua (145 TT), masing masing di Jakarta, Tangerang dan Manado.
(bon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)