Jamin Keamanan Laporan Masyarakat, Ganjar Mutakhirkan Aplikasi LaporGub

Senin, 27 Februari 2023 - 11:30 WIB
loading...
Jamin Keamanan Laporan Masyarakat, Ganjar Mutakhirkan Aplikasi LaporGub
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam rangkaian acara menjadi keiynote speech di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) di Kota Salatiga, Jateng, Jumat (24/2/2023). FOTO/dok.Istimewa
A A A
SALATIGA - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo kembali memutakhirkan layanan aduan masyarakat berbasis digital LaporGub. Aplikasi itu kini diluncurkan dengan versi baru, 2.0.

Ganjar menjelaskan, LaporGub versi baru ini menyediakan layanan laporan anonim untuk masyarakat. Fitur tersebut memungkinkan identitas pelapor tidak terlihat publik sehingga privasi laporan bisa dipastikan aman.

"Kita memperbaiki terus, sudah beberapa kali versinya diperbaiki," kata Ganjar usai menjadi keynote speach di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Kota Salatiga, Jateng, Jumat (24/2/2023).



Lebih lanjut Ganjar mengatakan, fitur anonim ini juga memastikan laporan aman dan pelapor bisa mengadu tanpa hambatan. Ditambah lagi, kata Ganjar, aplikasi LaporGub juga dilengkapi dengan kecerdasan buatan atau Artificial intelligence (AI).

"Jangkauannya lebih gampang, dan di belakang itu sebenarnya ada data yang terkumpul yang dianalisis dengan Artificial intelligence. Maka sekarang kalau ada masyarakat melapor, terdata," tutur Ganjar.

Ganjar mengatakan, pihaknya akan terus melakukan evaluasi dan memperbaharui aplikasi LaporGub untuk semakin memudahkan masyarakat melapor. Menurut Ganjar, hal ini adalah wujud dari layanan pemerintah yang mudah dan cepat.

"Mudah-mudahan masyarakat akan bisa makin menerima dan ini kita jadikan legacy bahwa layanan publik itu bisa kok dikanalisasi dengan sistem yang bagus," kata Ganjar.



Ganjar pun mengajak masyatakat untuk tidak ragu melaporkan keluh kesahnya melalui aplikasi LaporGub. Ganjar mengatakan, laporan tersebut akan menjadi salah satu rujukan pilihan untuk menciptakan kebijakan terbaik.

"Jangan salah, pemerintah akan bisa mendapatkan data yang bagus dan itu bisa dipakai untuk basis pengambilan keputusan dan kebijakan yang jauh lebih baik," tuturnya.

Sebagai informasi, LaporGub sudah mewadahi 104.641 aduan sejak 2014 hingga 2022 lalu. Selain lewat aplikasi, layanan ini juga tersedia di Whats App Messenger, website, SMS, Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan Hotline.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)