Investasi Rp1,5 T, Startup Kargo Udara Pertama RI Siap Mengangkasa

Rabu, 01 Maret 2023 - 00:22 WIB
loading...
Investasi Rp1,5 T, Startup Kargo Udara Pertama RI Siap Mengangkasa
Startup penyedia layanan jasa kargo udara pertama di Indonesia, Raindo United Services (RUS) berencana terbang perdana pada Juli 2023. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menyiapkan investasi awal hingga USD100 juta atau sekira Rp1,5 triliun (kurs Rp15.000 per USD), startup penyedia layanan jasa kargo udara pertama di Indonesia, Raindo United Services (RUS), siap meramaikan industri penerbangan Tanah Air.

Raindo United Services yang telah mengantongi Sertifikat Standar Angkutan Udara Niaga Berjadwal Kargo Luar dan Dalam Negeri pada 13 Desember 2022 ini direncanakan akan melakukan penerbangan perdana pada Juli 2023. Rute domestik maskapai ini mencakup Jakarta, Medan, Balikpapan, Makassar dan Surabaya. Sementara rute internasional terdiri dari Singapura, Hong Kong, dan Guangzhou.



"Harapan kami adalah untuk bisa menghadirkan solusi akan hambatan distribusi logistik udara yang umumnya panjang dan berlapis-lapis yang tidak jarang menimbulkan kerugian materiil dan immateriil bagi produsen hingga konsumen," ungkap pendiri RUS Benny Rustanto di Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Startup kargo udara yang didirikan Benny bersama Muhammad Surya, Dodi Abdul Kadir, Bambang Sujatmiko, Capt Yudhi Fadjari, Febiantori, dan Hans Nugroho pada 4 Juni 2022 ini optimistis akan dapat membantu para pelaku usaha nasional. Layanan jasa kargo udara berbasis digital ini diyakini juga dapat membantu mempercepat upaya pemulihan ekonomi nasional pascapandemi.

Menggunakan 2 armada Boeing 737-800BCF dengan daya angkut hingga 23 ton, ujar Benny, RUS akan menjadi era baru di dunia logistik udara dengan solusi layanan kargo one stop solution, di mana realtime tracking dari first hingga last mile dapat diakses secara mudah melalui aplikasi.



Dia menambahkan, pesawat telah dilengkapi sistem kargo termutakhir seperti fasilitas Unit Loading Device (ULD), tank oksigen hingga mesin pendingin untuk memastikan semua jenis komoditi terkirim dengan aman hingga ke tujuan akhir. Untuk memperkuat layanan dan memastikan proses pengiriman berjalan efektif dan efisien, imbuh dia, Raindo United Services juga menggandeng mitra insurtech untuk melindungi semua jenis komoditi.

"Kehadiran dari Raindo United Services ini juga diharapkan dapat menjadi katalisator perubahan yang dapat mendukung perkembangan UMKM di Indonesia terutama sisi logistik melalui konektivitas tanpa batas dan berkelanjutan," tambahnya.

RUS, jelas dia, menyadari bahwa sektor UMKM di Indonesia memiliki potensi yang semakin besar apabila didukung oleh ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang - baik secara internasional maupun lokal - sejak titik keberangkatan hingga akhir tujuan.

"Ekosistem dari Raindo United Services memungkinkan para pelaku UMKM untuk semakin bersaing dengan mengatasi hambatan-hambatan yang selama ini ada seperti harga logistik yang tinggi, proses pengiriman yang tidak efisien, keterbatasan akses saluran distribusi dan-lain-lain," tutupnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1162 seconds (0.1#10.140)