Upaya Mendukung Pelaku UMKM Wastra Kembangkan Usaha

Rabu, 01 Maret 2023 - 21:25 WIB
loading...
Upaya Mendukung Pelaku UMKM Wastra Kembangkan Usaha
UMKM wastra memiliki potensi untuk terus berkembang. Foto/Smesco
A A A
JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) resmi luncurkan dua buku dengan judul “Untaian Pesona: Wastra Nusantara” dan buku “Seni Berkain”. Kedua buku ini merupakan inisiasi dari Perkumpulan Istri Karyawan Pupuk Indonesia Group (PIKA-PI Group).



Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman mengapresiasi peluncuran kedua buku itu. Menurut Bakir kehadiran buku-buku itu merupakan wujud komitmen Pupuk Indonesia Grup untuk mendampingi para perajin wastra saat berada di industri tekstil nasional maupun internasional. Keindahan wastra terlihat di setiap halaman buku, sehingga buku ini sekaligus media promosi kain tradisional Nusantara, khususnya di kancah internasional.

“Kami seluruh direksi mengapresiasi usaha yang dilakukan PIKA-PI Group dalam membantu program TJSL di Pupuk Indonesia Grup. Tentunya kita ingin mengembangkan industri UMKM. Saya sangat apresiasi bahwa PIKA-PI Group sudah memulai membantu dengan melakukan kurasi terhadap produk UMKM mitra binaan sehingga produk mitra binaan memiliki standarisasi,” ujar Bakir dalam keterangannya, Rabu (1/2023).

Pupuk Indonesia Grup, tambah Bakir, secara bertahap melakukan pembinaan untuk meningkatkan kapasitas mitra binaan perajin wastra dan aksesori, mulai dari penyaluran dana bantuan, edukasi terkait manajemen keuangan, promosi hingga cara memperluas pasar dan menghadapi pembelian potensial. Berbekal langkah-langkah tersebut, diharapkan kemampuan usaha meningkatkan, dan akhirnya tangguh serta mandiri.

Lebih lanjut Bakir mengatakan bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki warisan Nusantara dengan karakter masing-masing, dan para perajinnya membutuhkan mitra yang mampu menjadi inspirasi dan pendamping. Pupuk Indonesia berkomitmen memberikan kontribusi maksimal terhadap pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan tanggung jawab sosial yang memberikan manfaat ekonomi, sosial, lingkungan, dan hukum.

Upaya Mendukung Pelaku UMKM Wastra Kembangkan Usaha


Melalui program pembinaan yang diinisiasi oleh Pupuk Indonesia, Bakir mengungkapkan, para pelaku bidang wastra dan kerajinan tradisional mendapatkan banyak manfaat. Selain itu, regenerasi juga menjadi salah satu tujuan agar generasi muda turut merawat industri wastra nasional sehingga dapat bersaing di pasar global. Dia pun meminta, proses kurasi dan pembinaan dalam rangka meningkatkan kualitas serta pangsa pasar UMKM mitra binaan kepada produk lainnya seperti makanan, kerajinan, dan perhiasan.

“Saya rasa buku yang disampaikan sudah baik, konsepnya bagus, mudah-mudahan berlanjut dengan produk lainnya seperti makanan, kerajinan, perhiasan. Saya minta seluruh UMKM yang baik ini menjadi cendera mata bagi para tamu perusahaan, sekaligus sebagai promosi Pupuk Indonesia sehingga menjadi inspirasi untuk memberikan apresiasi dukungan kepada UMKM,” ungkap Bakir.

Sementara itu, Ketua Umum PIKA-PI Group Ira Bakir Pasaman mengatakan, peluncuran buku ini merupakan upaya edukasi serta bentuk dukungan PIKA-PI Group untuk pelestarian warisan Nusantara (wastra) salah satunya kain tradisional dan juga apresiasi kepada para pengrajin yang tersebar di berbagai daerah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)