Ngarep Cuan dari Dunia Maya? Simak Tipsnya, Kuasai Jurus-jurusnya

Jum'at, 03 Maret 2023 - 12:11 WIB
loading...
Ngarep Cuan dari Dunia Maya? Simak Tipsnya, Kuasai Jurus-jurusnya
Banyak kreator konten yang memamfaatkan media sosial sebagai sarana dan ladang mencari cuan. Ilustrasi foto/pexels/liza summer
A A A
JAKARTA - Berselancar di dunia maya melalui internet dan media sosial (medsos) menjadi kebiasaan masyarakat masa kini. Meski tak punya modal atau perusahaan, setiap orang punya kesempatan yang sama untuk meraup cuan dari dunia maya.

Menurut laporan We Are Social dan HootSuite 2022, pengguna internet di Indonesia telah mencapai 202 juta pengguna atau sekitar 70% lebih dari total populasi.

Adapun penggunaan medsos cukup mendominasi, di mana pengguna rata-rata menghabiskan waktu lebih dari 3 jam lebih per hari untuk mengakses medsos.

Media sosial sekarang ini bahkan juga menjadi sarana dan ladang mencari uang, seperti yang ditawarkan melalui platform TikTok maupun medsos lain untuk para content creator atau influencer.

Melalui fitur-fiturnya, TikTok memberikan keleluasaan penggunanya untuk mengunggah video singkat dengan durasi hingga 30 menit. Video ini bisa berisi konten apa pun asalkan positif, termasuk jualan atau promosi.

Dalam webinar Literasi Digital #MakinCakapDigital 2023 untuk komunitas wilayah Kalimantan, Rabu (1/3/2023) dengan tema “Ngemis Online: Fenomena Hasilkan Cuan di Dunia Maya”, Founder Duaide.com, Desty Dwiyanasari membeberkan sejumlah kiat atau tips agar video yang dibuat dan diunggah bisa menarik banyak penonton atau pengikut.

“Teman-teman bisa melihat kebutuhan sepanjang apa video tersebut mau di-upload dan menggunakan trending video musik atau suara, menambahkan stiker dan voice changer, bahkan efek filter, dan yang menarik fitur auto caption,” ujarnya, dikutip Kamis (2/3/2023).

Dia melanjutkan, siaran langsung atau Live juga dapat dilakukan untuk pengguna dengan pengikut lebih dari 1.000 follower, di mana biasanya fitur ini digunakan para pengguna akun bisnis. Lebih jauh Desty berbagi cara memaksimalkan fitur di TikTok sebagai influencer untuk menjadikannya lahan cuan.

Forbes melansir sebuah survey dari MuseFind menyatakan bahwa 92% konsumen mempercayai influencer lebih dari iklan atau endorsement selebriti atau artis. “Sehingga sebenarnya saat menggunakan media sosial tidak hanya scrolling saja tapi bisa menghasilkan cuan di situ,” tuturnya.

Potensi cuan di TikTok bisa didapatkan melalui unggahan konten. Namun, untuk itu perlu ada pengetahuan untuk membuat konten yang menarik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4022 seconds (0.1#10.140)