Buntut Kebakaran Depo BBM Plumpang, Kawasan Permukiman Dekat TBBM Pertamina Akan Ditata Ulang

Sabtu, 04 Maret 2023 - 16:06 WIB
loading...
Buntut Kebakaran Depo BBM Plumpang, Kawasan Permukiman Dekat TBBM Pertamina Akan Ditata Ulang
Menteri BUMN Erick Thohir mendampingi Wakil Presiden Maruf Amin mendatangi kawasan permukiman yang dekat dengan kebakaran Depo BBM Pertamina Plumpang, di Koja, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023). FOTO/Heri Purnomo
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan menata ulang permukiman warga yang lokasinya berdekatan dengan depo Pertamina . Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya korban jiwa apabila terjadi kebakaran di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM).

"Saya rasa tidak hanya kilang tapi juga pupuk yang saya tinjau di Sumatera Selatan itu, buffer antara titik keamanan dan tentu titik masyarakat masih terlalu dekat," ujar dia saat meninjau lokasi kebakaran di Kampung Tanah Merah, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023).



Adapun permukiman warga yang terlalu dekat dengan depo berdampak terhadap banyaknya bangunan warga yang hancur dan jatuhnya korban jiwa. "Inilah yang kita mau zoning ulang, tata ulang supaya ada batas, tidak hanya Pertamina tapi juga PLN termasuk pupuk supaya ada batas kemanan untuk bisa masyarakat tinggal," imbuh Erick.

Termasuk kawasan Kampung Tanah Merah, Kecamatan Koja, Jakarta Utara akan ditata ulang atau direlokasi ke wilayah Pelabuhan Pelindo. "Pak Wapres sudah mengarahkan nanti untuk kawasan ini bersama Pelindo dan Pertamina mencarikan solusi," ucapnya.



Sebagaimana diketahui, kebakaran melanda Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara pada Jumat (3/3) malam pukul 20.20 WIB. Kebakaran sampai merembet ke permukiman warga di sekitar TBBM hingga menelan korban jiwa.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)