Jual Avtur, Jonan Minta Pertamina Tak Hanya Cari Untung

Senin, 14 September 2015 - 15:41 WIB
Jual Avtur, Jonan Minta Pertamina Tak Hanya Cari Untung
Jual Avtur, Jonan Minta Pertamina Tak Hanya Cari Untung
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan meminta PT Pertamina (Persero) tidak hanya mengejar keuntungan atas penjualan bahan bakar pesawat terbang (avtur) ke seluruh bandara di Indonesia.

Sekadar mengingatkan, Jonan sebelumnya telah meminta BUMN minyak dan gas (migas) tersebut untuk menurunkan harga jual avtur lantaran harganya jauh lebih mahal dari negara-negara lain.

Sayangnya, Pertamina justru merespon dengan pernyataan bahwa harga jual avtur yang lebih mahal tersebut lantaran perseroan harus memasok avtur ke seluruh bandara di Tanah Air kendati tidak mendapat untung besar.

"Itu saya pikir statement Pertamina itu saya kira enggak benar. Karena BUMN itu tidak semata-mata ditujukan hanya untuk mencari keuntungan tapi juga sebagai pembangunan dong," katanya di Gedung BPPT, Jakarta, Senin (14/9/2015).

Bahkan, mantan Bos PT Kereta Api Indonesia (Persero) ini mengancam akan memasukkan perusahaan swasta untuk memasok avtur ke bandara-bandara Indonesia, jika perseroan tidak mau menurunkan harga avtur yang dijualnya.

"‎Kalau nanti misalnya Pertamina mau cabut, ya saya masukin saja (pemasok avtur) yang bukan Pertamina di bandara-bandara. Kan di bandara kecil milik Kemenhub juga pasang instalasi saja enggak pernah bayar kok. Enggak ada PNBP-nya ke Perhubungan," pungkasnya.

Sekadar informasi, harga jual avtur Pertamina diklaim lebih mahal 20% dibanding negara-negara tetangga. Hal ini menjadikan harga jualnya tidak kompetitif.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7370 seconds (0.1#10.140)