Inilah Cara Perusahaan E-Commerce Meredam Peningkatan Sampah dari Aktivitas Belanja Online

Minggu, 12 Maret 2023 - 20:21 WIB
loading...
Inilah Cara Perusahaan E-Commerce Meredam Peningkatan Sampah dari Aktivitas Belanja Online
Pekerja melintas di antara tumpukan barang paket di jasa pengiriman KAI. Bisnis logistik dan kurir meningkat saat pandemi seiring peningkatan aktivitas belanja online. Ilustrasi Foto/SINDOnews/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Sampah menjadi permasalahan lingkungan yang seakan tak ada habisnya. Praktik bisnis yang lebih ‘hijau’ dan bertanggung jawab diharapkan bisa meredam masalah tersebut.

Aktivitas belanja online yang digandrungi masyarakat modern juga memicu peningkatan sampah, termasuk sampah plastik. Menurut Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), pandemi Covid-19 juga telah meningkatkan aktivitas jual beli online hingga 37%.

Sementara, Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) tahun 2020 menyebutkan bahwa 96% paket e-commerce dibungkus dengan bahan plastik. Kemasan yang kerap dijumpai adalah selotip, plastik wrap, dan bubble wrap.

Tak dimungkiri tren belanja online menciptakan dampak ekonomi yang besar namun permasalahan yang muncul terkait sampah paket e-commerce tersebut juga harus diredam. Masalah ini tentunya menjadi tanggung jawab bersama, baik pemerintah, swasta, akademisi, dan juga masyarakat itu sendiri.



Sebagai upaya membangun kolaborasi semua pihak dalam penyelesaian masalah sampah, Archipelagic and Island States (AIS) Forum di bawah naungan United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia, dan Lazada Indonesia menggelar rangkaian program untuk membersihkan ekosistem pantai, mangrove dan laut kita bernama Islands Clean-up.

Acara ini dihadiri lebih dari 100 relawan dari berbagai komunitas seperti Divers Clean Action, serta perwakilan dari beberapa Duta Besar negara partisipan AIS Forum, UNDP Indonesia, Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), dan Lazada Indonesia.

Para relawan memulai kegiatan bersih-bersih pantai, mangrove, dan koral, serta penanaman koral, di sekitar wilayah Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

"Kami senang bisa berkolaborasi dengan AIS Forum dan Kemenko Marves untuk menjalankan inisiatif lingkungan ini,” kata VP Government Affairs Lazada Indonesia, Budi Primawan melalui siaran pers, dikutip Senin (13/3/2023).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1308 seconds (0.1#10.140)