3 Cara Mudah Analisis Performa Reksa Dana agar Dapat Produk yang Terbaik

Jum'at, 24 Maret 2023 - 21:27 WIB
loading...
A A A
Jika memang dalam waktu 1 tahun sudah mendapatkan keuntungan sesuai target, maka jangan ragu untuk mencairkan dan merealisasikannya segera. Sebab, return yang menggiurkan dari reksa dana berisiko tinggi dalam waktu singkat juga bisa menjadi indikasi peringatan tentang risiko penurunan harga di waktu dekat.

Terdapat sejumlah alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Salah satunya adalah imbal hasil luar biasa besar menunjukkan adanya sifat abnormal pada produk. Selain itu, tetap hindari juga kinerja terlampau positif dalam jangka pendek karena akan menarik minat investor berinvestasi di dalamnya yang membuat proses pengelolaan dana menjadi lebih sulit.

Jika hal tersebut terjadi, prospek reksa dana di masa depan bisa terganggu. Karena alasan ini pula mengapa banyak manajer investasi membatasi modal bagi investor agar lebih mudah menavigasi pasar.

3. Pahami dan Pertimbangkan Siklus Pasar Serta Ekonomi
Tips terakhir dalam menganalisis performa reksa dana adalah memahami serta mempertimbangkan siklus ekonomi dan pasar. Pada dasarnya, tidak ada yang bisa memahami betul dan memberi perkiraan akurat tentang bagaimana pergerakan pasar serta ekonomi di masa mendatang.

Hal serupa juga berlaku pada aktivitas investasi di produk reksa dana . Tentunya, untuk bisa memahami kondisi ekonomi dan pasar, kamu tak hanya harus melihat kinerja dalam jangka pendek atau kurang dari 1 tahun. Melainkan, analisis pula kinerja reksa dana dari periode waktu berbeda agar bisa melihat banyak perspektif potensi kinerjanya.

Meski begitu, tetap pahami jika sebenarnya tidak ada yang bisa menjawab dengan pasti dan yakin tentang kapan waktu atau periode yang terbaik untuk membeli reksa dana. Sehingga, analisis jangka panjang sebaiknya dijadikan sebagai acuan ketika memutuskan untuk berinvestasi.

Cara Analisis yang Tepat Mampu Meningkatkan Peluang Keuntungan Investasi Reksa Dana
Reksa dana yang merupakan alternatif investasi dengan modal kecil kerap dijadikan pilihan oleh masyarakat pemodal, khususnya yang memiliki modal kecil dan tak mempunyai waktu untuk menghitung risiko.

Walaupun begitu, tak berarti jika pemilihan produk reksa dana dilakukan dengan sembarangan dan tanpa perhitungan sama sekali. Nah, agar mampu meningkatkan peluang keuntungan dari investasi di produk tersebut, diketahui cara analisis yang tepat seperti penjelasan di atas, ya!
(srf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2466 seconds (0.1#10.140)