Pemuda Binaan PYCH Optimistis Hasil Budidaya Ikan Terus Meningkat

Minggu, 26 Maret 2023 - 13:30 WIB
loading...
A A A
Kemudian, Fileph berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang sudah mendukung kami dalam membudidayakan ikan air tawar dan memasarkannya melalui PYCH.

"Kami berterima kasih kepada bapak presiden Jokowi telah men-support dan mendukung kami dalam mengembangkan budi daya ikan di sini," katanya.

Pembudi daya ikan air tawar KJA di Danau Sentani berterima kasih kepada BIN yang telah membinanya melalui anak muda yang tergabung dalam PYCH. Fileph menilai, tanpa binaan dari BIN, ini semua tidak
akan terjadi.

"Kami juga berterima kasih kepada BIN yang selalu mendukung dan membina kami. Lalu, dan menyediakan wadah bagi kami untuk membantu memasarkan hasil budi daya kami di Papua Youth Creative Hub," ucapnya.



Hingga kini, terdapat 120 petak KJA yang menampung sekitar 28.000 ekor ikan yang terbagi dari ikan siap panen dan benih berukuran 2 jari atau 10-11 cm.

Untuk diketahui, PYCH juga memiliki kelompok pembudi daya ikan Papua dan Papua Barat, di antaranya di 11 usaha perikanan budi daya existing, 60 kelompok pembudi daya ikan keramba jaring apung (KJA) dan 3 kelompok pembudidaya ikan bioflok.

Terintegrasi dan Berlabel PYCH

Produk-produk hasil anak muda Papua dan masyarakat binaan PYCH itu kemudian dijual di ruang UMKM yang ada di Gedung PYCH, Jayapura, Papua. Pemasaran juga dilakukan secara online.

Selain itu, hasil jagung juga digunakan untuk dibuat pakan ayam. PYCH sendiri memiliki pabrik olahan jagung untuk dijadikan pakan ayam. Semua produk turunan jagung itu akan dikemas dengan label PYCH. PYCH merupakan gedung tempat anak-anak muda Papua mengembangkan bakat, minat dan potensi yang dimilikinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2101 seconds (0.1#10.140)