Pemuda Binaan PYCH Optimistis Hasil Budidaya Ikan Terus Meningkat

Minggu, 26 Maret 2023 - 13:30 WIB
loading...
Pemuda Binaan PYCH Optimistis Hasil Budidaya Ikan Terus Meningkat
Anak muda Papua yang tergabung dalam Papua Youth Creative Hub (PYCH) terus meningkatkan budidaya ikan air tawar. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAYAPURA - Sektor hasil perikanan di tanah Papua sedang menggeliat. Sebab itu, anak muda Papua yang tergabung dalam Papua Youth Creative Hub (PYCH) bersama pembudidaya ikan optimistis bisa memaksimalkan hasil budidaya ikan air tawar seperti nila dan mujair melalui keramba jaring apung (KJA) di Danau Sentani, Distrik Heram, Jayapura, Papua.

PIC KJA sekaligus anggota PYCH Jayapura Fileph Jones Marweri mengatakan pihaknya bekerja keras bersama-sama anak muda Papua untuk membudidayakan ikan air tawar di Danau Sentani untuk mendapatkan hasil laut yang maksimal.

"Di sini kami sebagai anak muda Papua binaan PYCH membimbing dan membina pembudi daya keramba jaring apung (KJA) dalam membudidayakan ikan nila dan mujair," ungkapnya, di Jayapura, Papua, Minggu (26/3/2023).



Fileph mengatakan hasil budidaya ikan nila dan mujair per bulan bisa mencapai 500 kg. Dia bersama pembudi daya KJA yang merupakan anak muda Papua menargetkan ke depan bisa mendapat hasil hingga 1 ton per bulan.

"Kami di sini membudidayakan beberapa ikan seperti nila dan mujair. Melalui binaan PYCH, kami targetkan setiap penjualan kami dalam satu bulan dari 500 kg bisa menjadi 1 ton atau bahkan lebih," ucapnya.

Fileph menyatakan hasil budi daya ikan air tawar ini akan dipasarkan di beberapa tempat di Jayapura. Salah satunya, Papua Youth Creative Hub (PYCH).

"Hasil budi daya ikan kami akan dijual atau dipasarkan di Papua Youth Creative Hub, beberapa restoran, pasar, dan lainnya," ungkapnya.

Fileph menuturkan PYCH dapat membantu KJA dalam memasarkan hasil produksi ikan air tawar hasil budi dayanya. "Ini sebagai wadah untuk membantu memasarkan hasil produksi ikan kami. Ini sangat berguna karena melalui Papua Creative Hub diharapkan penjualan kami bisa meningkat," katanya.

Fileph berharap KJA bisa terus meningkatkan hasil produksi ikan air tawarnya melalui PYCH. "Harapan kami, kami bisa menjalin kerja sama yang baik karena untuk meningkatkan hasil budi daya ikan dan penjualannya," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)