Sri Mulyani Minta Petugas Bea Cukai Enggak Asal Acak-acak Koper Penumpang

Senin, 27 Maret 2023 - 16:36 WIB
loading...
Sri Mulyani Minta Petugas Bea Cukai Enggak Asal Acak-acak Koper Penumpang
Menkeu Sri Mulyani memberikan pesan menohok kepada petugas Bea Cukai saat Rapat Kerja bersama Komisi VI DPR RI. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan atau Menkeu Sri Mulyani meminta kepada petugas Bea Cukai untuk tidak membuat barang bawaan orang lain jadi acak-acakan saat proses pemeriksaan. Ia mengingatkan, agar tidak sembarangan mengacak barang bawaan penumpang.



Menkue Sri Mulyani mengakui, bahwa petugas Bea Cukai di Indonesia masih banyak mengalami kekurangan dalam pelayannya. Oleh karena itu dia meminta agar petugas bersikap lebih baik dalam pemeriksaan terhadap barang bawaan orang.

"Jangan sampai semua orang kemudian diadul-adul barang yang membuat marah. Harus ada risk management, dioptimalkan dari sisi profiling-nya dan juga terus dilakukan monitoring agar pelayanan bagus," ujar Sri Mulyani dalam Rapat Kerja bersama Komisi VI DPR RI, Senin (27/3/2023).



Lebih lanjut, Sri Mulyani menerangkan, saat ini pemerintah menerapkan batasan harga maksimal USD500 untuk barang bawang dari luar negeri yang bebas pajak, selama itu untuk kepentingan pribadi. Adapun batasan harga tersebut mempertimbangkan kajian dari sejumlah negara yang menerapkan aturan pembebasan pajak itu.

Pada saat yang sama, ia juga mengapresiasi kinerja petugas bea cukai yang sudah menjalankan tugas dengan baik. Meskipun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki.

"Kami juga tahu jajaran kami bekerja luar biasa, kadang-kadang tengah malam. Memang tugas yang tidak ringan, tapi kita tahu harus tetap melayani," beber Menkeu.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2383 seconds (0.1#10.140)