First Citizens Beli Silicon Valley Bank, Segini Nilainya

Senin, 27 Maret 2023 - 22:27 WIB
loading...
First Citizens Beli Silicon Valley Bank, Segini Nilainya
First Citizens Bank telah menandatangani perjanjian pembelian untuk semua simpanan dan pinjaman Silicon Valley Bank (SVB). Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC mengungkapkan bahwa First Citizens Bank telah menandatangani perjanjian pembelian untuk semua simpanan dan pinjaman Silicon Valley Bank (SVB) . Untuk diketahui, First Citizen Bank merupakan bank yang berbasis di Carolina Utara, Amerika Serikat (AS) .

Kesepakatan tersebut termasuk pembelian sekitar USD72 miliar aset SVB atau sekitar Rp1.092,3 triliun (asumsi kurs Rp15.171,5) dan dengan diskon USD16,5 miliar atau sekira Rp250,33 triliun.

“Kami berharap dapat membangun hubungan dengan nasabah baru kami dan memposisikan perusahaan kami untuk kesuksesan yang berkelanjutan seiring dengan komitmen kami untuk mendukung integrasi sistem perbankan nasional," ujar CEO First Citizens, Frank B Holding dalam keterangan resmi, Senin (27/3/2023)

FDIC mengatakan, sekitar USD90 miliar dalam sekuritas dan aset lainnya akan tetap berada dalam pengawasan kurator. Dalam hal ini, FDIC juga menerima hak apresiasi saham di First Citizens BancShares, Inc. dengan potensi nilai saham yang mencapai USD500 juta sebagai bagian dari kesepakatan.

Sementara itu, perkiraan biaya kegagalan Dana Asuransi Simpanan (Deposit Insurance Fund/DIF) adalah sekitar USD20 miliar, meskipun tingkat pastinya akan ditentukan ketika kurator dihentikan.

Dilansir melalui laman resminya, First Citizens Bank akan menerima aset Silicon Valley Bridge Bank, National Association sebesar USD110 miliar, simpanan sebesar USD56 miliar, dan pinjaman sebesar USD72 miliar, berdasarkan informasi terbaru yang diberikan oleh FDIC sebagai bagian dari perjanjian.



Sebagai bagian dari proses akuisisi, 17 cabang lama Silicon Valley Bridge Bank, N.A. akan mulai beroperasi sebagai Silicon Valley Bank, sebuah divisi dari First Citizens Bank pada 27 Maret 2023.

“Tidak akan ada perubahan langsung pada akun pelanggan saat ini, dan mereka akan dapat terus mengakses akun mereka seperti yang mereka lakukan hari ini, pelanggan akan diinformasikan bila terdapat perubahan di masa mendatang,” jelasnya.



Sebagai informasi, First Citizens Bancshares, Inc. adalah perusahaan induk bank yang berbasis di Raleigh, Carolina Utara dan termasuk ke dalam 20 besar lembaga keuangan AS dengan aset lebih dari USD219 miliar.

Anak perusahaan utamanya adalah First Citizens Bank dan merupakan salah satu bank terbesar di Amerika Serikat (AS) dengan total aset mencapai USD109,31 miliar dan total deposit mencapai USD89,4 miliar.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2314 seconds (0.1#10.140)