Pemerintah Lelang Tiga Wilayah Kerja Panas Bumi, Potensi Kapasitas Capai 246 MW

Rabu, 29 Maret 2023 - 13:16 WIB
loading...
Pemerintah Lelang Tiga Wilayah Kerja Panas Bumi, Potensi Kapasitas Capai 246 MW
Seorang warga membawa kayu untuk memasak berjalan di dekat proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi di kawasan pegunungan Dieng, Jawa Tengah pada 3 Oktober 2010. FOTO/REUTERS/Beawiharta
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan membuka lelang tiga wilayah kerja panas bumi (WKP) tahun ini. Sejumlah wilayah tersebut, yakni WKP Cisolok di Sukabumi, WKP Guci di Semarang, dan WKP Bora Pulu di Sulawesi Tengah.

"Lelang akan dilakukan dalam dua tahap, pertama kualifikasi keikutsertaan dan kedua masuk pada penawaran teknis. Nanti didalamnya ada komitmen eksplorasi seberapa besar yang mereka usulkan," ujar Direktur Panas Bumi pada Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM Harris Yahya dalam acara Market Review IDX Channel, Rabu (29/3/2023).



Berdasarkan data Ditjen EBTKE potensi kapasitas panas bumi yang dilelang tersebut mencapai 246 megawatt (MW). Rinciannya, potensi panas bumi di WKP Cisolok diperkirakan mencapai 45 MW sementara potensi sumber daya panas bumi di WKP Guci dan Bora Pulu masing-masing sebesar 78 MW dan 123 MW.



Pengembangan masing-masing WKP dilakukan secara bertahap, tergantung kondisi wilayah. Pengembangan panas bumi tersebut mengacu pada regulasi yang tertuang di dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 112 tahun 2022 tentang Percepatan Pengembangan Energi Terbarukan untuk Penyediaan Tenaga Listrik untuk proses lelang WKP.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)